Pengaruh persepsi kualitas pelayanan terhadap kepuasan siswa pada lembaga bimbingan belajar Primagama Jember / Galuh Windhu P. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi kualitas pelayanan terhadap kepuasan siswa pada lembaga bimbingan belajar Primagama Jember / Galuh Windhu P.

Windhu P., Galuh (2011) Pengaruh persepsi kualitas pelayanan terhadap kepuasan siswa pada lembaga bimbingan belajar Primagama Jember / Galuh Windhu P. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kualitas Pelayanan Kepuasan Siswa Dalam era global hanya perusahaan yang benar-benar berkualitas yang dapat bersaing dan tumbuh berkembang. Perusahaan perlu memperhatikan hal-hal seperti strategi pemasaran antisipasi perkembangan ekonomi global penerapan teknologi pengelolaan SDM yang efektif dan memperhatikan dimensi kualitas pelayanan jasa. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa sangat tergantung pada kualitas jasa yang diberikan. Sistem pelayanan yang bermutu dan dinamis kepada konsumen akan sangat membantu perusahaan untuk menciptakan kepuasan pelanggan. Dalam meningkatkan kualitas pelayanan manajer harus memperhatikan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu bukti fisik keandalan daya tanggap jaminan dan empati sehingga mudah tercapai tujuan perusahaan. Penelitian ini dilakukan di Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Jember sebagaimana diketahui Primagama adalah salah satu Lembaga Bimbingan Belajar terbesar yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan di Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Jember mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan siswa Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Jember mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan siswa Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Jember mengetahui variabel dimensi kualitas pelayanan yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan siswa Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Jember. Penelitian yang dilakukan adalah termasuk jenis penelitian deskriptif asosiatif dan deskriptif korelasional sedangkan populasi yang digunakan adalah siswa/peserta didik di LBB Primagama. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 67 responden yang dipilih secara proportionate stratified random sampling. Dengan instrumen yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Variabel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Untuk variabel bebasnya yakni Persepsi Kualitas Pelayanan (X) yang terdiri dari variabel bukti fisik (X1) keandalan (X2) daya tanggap (X3) jaminan (X4) dan empati (X5). Sedangkan variabel terikatnya adalah variabel Kepuasan Siswa (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel persepsi kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik (X1) sebesar 5 354 keandalan (X2) sebesar 4 466 daya tanggap (X3) sebesar 2 249 jaminan (X4) sebesar 2 128 dan empati (X5) sebesar 2 067 secara parsial terhadap kepuasan siswa pada Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Jember dan juga terdapat pengaruh antara variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik (X1) keandalan (X2) daya tanggap (X3) jaminan (X4) dan empati (X5) sebesar 40 838 secara simultan terhadap kepuasan siswa pada Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Jember dan variabel keandalan (X2) merupakan variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan siswa pada Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Jember. Nilai Adjusted R Square dalam penelitian ini sebesar 0 751 yang berarti bahwa 75 1% kepuasan siswa Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Jember dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan. Hasil penelitian tersebut mengindikasikan bahwa variabel kualitas pelayanan masih efektif digunakan sebagai sumber keberhasilan Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Jember yang dapat mempengaruhi kepuasan siswanya. Oleh karena itu perlu disarankan adanya peningkatan dan perhatian terhadap faktor-faktor dari kualitas pelayanan. Dengan peningkatan kualitas pelayanan bukti fisik keandalan daya tanggap jaminan dan empati agar lebih berkualitas dari yang telah ada sekarang ini sehingga dampak yang diharapkan dari pelayanan tersebut dapat tercapai secara maksimal yakni dampak positif yang berupa kepuasan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30372

Actions (login required)

View Item View Item