Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap proses keputusan konsumen dalam memilih hotel Pelangi Malang / Danang Satriya Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap proses keputusan konsumen dalam memilih hotel Pelangi Malang / Danang Satriya Wicaksono

Wicaksono, Danang Satriya (2010) Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap proses keputusan konsumen dalam memilih hotel Pelangi Malang / Danang Satriya Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wicaksono Danang Satriya. 2008. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Proses Keputusan Konsumen Dalam Memilih Hotel Pelangi Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Gatot Isnani M.Si (II) Afwan Hariri Agus Prohimi SE. M.Si Kata kunci Bauran Pemasaran Proses Keputusan Konsumen. Perekonomian global memungkinkan adanya pergerakan barang dan jasa secara bebas perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan barang dan jasa terus ditantang untuk semakin kompetitif. Perekonomian global akan memberikan keuntungan yang besar pada perusahaan yang memiliki kinerja yang efektif sementara perusahaan yang memiliki kinerja buruk dipaksa untuk melakukan restrukturisasi. Kondisi lingkungan bisnis yang terus berkembang dengan tingkat persaingan tinggi tidak menuntut perusahaan untuk sekedar mengatasi masa depan tetapi juga dapat mengantisipasi segala dampak dari perubahan tersebut terhadap masa depan perusahaan. Dalam usaha perhotelan semua pihak yang turut mendukung jalanya bisnis tersebut dituntut bekerjasama menerapkan strategi pasar untuk mendapatkan konsumen. Usaha tersebut dapat tercapai jika strategi bauran pemasaran jasa hotel yang terdiri dari variabel produk harga lokasi promosi penyedia jasa proses jasa dan bukti fisik dapat dilakukan dengan seimbang dan baik. Oleh karena itu Hotel Pelangi Malang harus dapat menerapkan ketujuh variabel tersebut untuk menarik minat konsumen dalam memilih Hotel Pelangi Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap proses keputusan konsumen dalam memilih Hotel Pelangi Malang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah produk (X1) harga (X2) lokasi (X3) promosi (X4) penyedia jasa (X5) proses jasa (X6) dan bukti fisik (X7). Sedangkan variabel terikatnya adalah proses keputusan konsumen (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh pengunjung Hotel Pelangi Malang yakni rata-rata 1100 perbulan. Kemudian dengan menggunakan rumus Infinite Population dari buku Business Statistics Basic Concept And Methodology diperoleh jumlah sampel sebanyak 73 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling dan Propotional Sampling dengan menggunakan instrumen kuesioner. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan 5 (lima) pilihan jawaban. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Sedangkan untuk menguji kelayakan regresi dilakukan uji asumsi klasik dan keseluruhan analisis ini menggunakan bantuan program SPSS 11.5 for Windows. Berdasarkan hasil analisis regresi secara parsial didapatkan nilai variabel produk (X1) yaitu thitung 1 382 ttabel 1 988 atau Signifikansi t 0 172 0 05 yang berarti tidak ada pengaruh positif yang signifikan produk terhadap proses keputusan konsumen dalam memilih Hotel Pelangi Malang. Variabel harga (X2) didapatkan nilai thitung 2 650 ttabel 1 988 atau Signifikansi t 0 010 0 05 yang berarti ada pengaruh positif yang signifikan harga terhadap proses keputusan konsumen dalam memilih Hotel Pelangi Malang. Variabel lokasi (X3) didapatkan nilai thitung 2 981 ttabel 1 988 atau Signifikansi t 0 004 0 05 yang berarti ada pengaruh positif yang signifikan lokasi terhadap proses keputusan konsumen dalam memilih Hotel Pelangi Malang. Variabel promosi (X4) didapatkan nilai thitung 1 579 ttabel 1 988 atau Signifikansi t 0 119 0 05 yang berarti tidak ada pengaruh positif yang signifikan promosi terhadap proses keputusan konsumen dalam memilih Hotel Pelangi Malang. Variabel penyedia jasa (X5) didapatkan nilai hitung 1 782 ttabel 1 988 atau Signifikansi t 0 079 0 05 yang berarti tidak ada pengaruh positif yang signifikan penyedia jasa terhadap proses keputusan konsumen dalam memilih Hotel Pelangi Malang. Variabel proses jasa (X6) didapatkan nilaithitung 3 923 ttabel 1 988 atau Signifikansi t 0 000 0 05 yang berarti ada pengaruh positif yang signifikan proses jasa terhadap proses keputusan konsumen dalam memilih Hotel Pelangi Malang. Variabel bukti fisik (X7) didapatkan nilai thitung 1 260 ttabel 1 988 atau Signifikansi t 0 212 0 05 yang berarti tidak ada pengaruh positif yang signifikan bukti fisik terhadap proses keputusan konsumen dalam memilih Hotel Pelangi Malang. Sedangkan secara simultan didapatkan nilai Fhitung 24 486 Ftabel 2 120 atau Signifikansi F 0 000 0 05 artinya ada pengaruh positif yang signifikan produk harga lokasi promosi penyedia jasa proses jasa dan bukti fisik secara simultan terhadap proses keputusan konsumen dalam memilih Hotel Pelangi Malang. Sumbangan Efektif (SE) yang terbesar adalah variabel proses jasa yaitu sebesar 19 28%. Selain itu diketahui Adjusted R Square 0 695 yang menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran yang terdiri dari variabel produk harga lokasi promosi penyedia jasa proses jasa dan bukti fisik secara bersama-sama mempengaruhi proses keputusan konsumen dalam memilih Hotel Pelangi Malang sebesar 69 5% sedangkan sisanya sebesar 30 5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan di dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan tidak ada pengaruh positif yang signifikan produk terhadap proses keputusan konsumen dalam memilihHotel Pelangi Malang ada pengaruh positif yang signifikan harga terhadap proses keputusan konsumen dalam memilih Hotel Pelangi Malang ada pengaruh positif yang signifikan lokasi terhadap proses keputusan konsumen dalam memilih Hotel Pelangi Malang tidak ada pengaruh positif yang signifikan promosi terhadap proses keputusan konsumen dalam memilih Hotel Pelangi Malang tidak ada pengaruh positif yang signifikan penyedia jasa terhadap proses keputusan konsumen dalam memilih Hotel Pelangi Malang ada pengaruh positif yang signifikan proses jasa terhadap proses keputusan konsumen dalam memilih Hotel Pelangi Malang tidak ada pengaruh positif yang signifikan bukti fisik terhadap proses keputusan konsumen dalam memilih Hotel Pelangi Malang. Sedangkan secara simultan ada pengaruh positif yang signifikan produk harga lokasi promosi penyedia jasa proses jasa dan bukti fisik secara simultan terhadap proses keputusan konsumen dalam memilih Hotel Pelangi Malang. Dengan hasil penelitian ini saran yang peneliti berikan adalah sebaiknya variabel harga lokasi dan proses jasa yang mempunyai pengaruh terhadap proses keputusan konsumen dalam memilih Hotel Pelangi Malang tetap dipertahankan agar kebutuhan pengunjung dapat terpenuhi dengan cara melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan sarana dan prasarana serta fasilitas yang tersedia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30367

Actions (login required)

View Item View Item