Peran pemerintah desa dan masyarakat dalam membangun norma kebiasaan baru pasca pandemi covid-19 di desa bululawang kecamatan bululawang kabupaten malang / Rayhan Chairani Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran pemerintah desa dan masyarakat dalam membangun norma kebiasaan baru pasca pandemi covid-19 di desa bululawang kecamatan bululawang kabupaten malang / Rayhan Chairani Agustin

Agustin, Rayhan Chairani Agustin (2023) Peran pemerintah desa dan masyarakat dalam membangun norma kebiasaan baru pasca pandemi covid-19 di desa bululawang kecamatan bululawang kabupaten malang / Rayhan Chairani Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan norma kebiasaan baru yang timbul pasca pandemi Covid-19 peran pemerintah desa dan masyarakat dalam membangun norma kebiasaan baru pasca pandemi Covid-19 serta kendala dan solusi dalam membangun norma kebiasaan baru pasca pandemi Covid-19. Metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data berupa informan peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data berupa wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis domain berupa pencocokan pola. Hasil penelitian meliputi (1) norma kebiasaan baru yang timbul di masyarakat pasca pandemi Covid-19 berupa mencuci tangan dengan sabun dimanapun memakai masker tanpa diperintah dan menjaga pola hidup sehat. (2) peran pemerintah desa dalam membangun norma kebiasaan baru yaitu membuat kebijakan serta menyelenggarakan kegiatan sosialisasi sedangkan masyarakat berperan sebagai pihak yang mematuhi kebijakan serta mengikuti sosialisasi yang diselenggarakan oleh pemerintah desa (3) Kendala dalam membangun norma kebiasaan baru yaitu kurangnya kesadaran masyarakat dan sulitnya masyarakat untuk memahami kebijakan dan kegiatan sosialisasi. Solusinya yaitu terus mengajak masyarakat untuk mematuhi kebijakan dan kegiatan yang diadakan oleh pemerintah desa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/303620

Actions (login required)

View Item View Item