Pola pentahelix dalam mengembangkan desa wisata berkelanjutan di desa giripurno kecamatan bumiaji kota batu / AIDALIA ALTA SEPAIKE - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola pentahelix dalam mengembangkan desa wisata berkelanjutan di desa giripurno kecamatan bumiaji kota batu / AIDALIA ALTA SEPAIKE

Sepaike, Aidalia Alta Sepaike (2023) Pola pentahelix dalam mengembangkan desa wisata berkelanjutan di desa giripurno kecamatan bumiaji kota batu / AIDALIA ALTA SEPAIKE. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kolaborasi model pentahelix dalam pengembangan desa wisata berkelanjutan memiliki kelebihan bagi masyarakat dan lingkungannya karena bekerjasama dengan para pemangku kepentingan seperti pemerintah kampus bisnis komunitas dan media sehingga dapat memberdayakan masyarakat untuk secara lebih dalam menggali potensi khas desa dan menciptakan destinasi wisata baru. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengkaji pola pentahelix dalam pengembangan desa wisata berkelanjutan di Desa Giripurno dan 2) mengidentifikasi kendala pola pentahelix di Desa Giripurno. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer berasal dari hasil wawancara kepada 5 (lima) informan mewakili aktor pentahelix yang terlibat hasil observasi dan dokumentasi. Sumber data sekunder dari artikel maupun jurnal ilmiah yang relevan dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis domain dengan pencocokan pola. Hasil kajian menunjukan 1) pola pentahelix dalam pengembangan desa wisata Giripurno menunjukan jenis pola Patron-Klien yang terdiri dari a) hubungan pemerintah kepada klien dan b) hubungan klien kepada pemerintah 2) kendala dalam pola pentahelix di Desa Giripurno meliputi a) nota kesepahaman bersama b) pola komunikasi 3) proses kolaboratif 4) kontribusi aktor pentahelix yang harus dapat menciptakan interdepedensi kepercayaan dan komitmen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/303619

Actions (login required)

View Item View Item