Peran camp assesment dinas sosial dalam upaya pemenuhan hak orang terlantar di kota malang / Gregorius Agung Anugerah Wijanarko - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran camp assesment dinas sosial dalam upaya pemenuhan hak orang terlantar di kota malang / Gregorius Agung Anugerah Wijanarko

Wijanarko, Gregorius Agung Anugerah Wijanarko (2023) Peran camp assesment dinas sosial dalam upaya pemenuhan hak orang terlantar di kota malang / Gregorius Agung Anugerah Wijanarko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah umum yang sering dijumpai di masyarakat khususnya pada Negara berkembang. Permasalahan kemiskinan menimbulkan permasalahan sosial lain berupa pengemis (gepeng) dan gelandangan. Melalui sejumlah permasalahan sosial tersebut hingga kini gelandangan pengemis serta orang terlantar ialah permasalahan yang perlu diperhatikan oleh pemerintah lantaran kini permasalahan tersebut telah menjadi bagian dari kehidupan bermasyarakat. Tujuan dari penelitian berikut adalah untuk mengetahui gambaran umum fungsi dan tugas serta peran camp assesment Dinas Sosial serta memahami aspek penunjang dan penghambatnya hingga bisa dijalankan usaha pengoptimalan pemenuhan hak orang terlantar di kota Malang. Metode penelitian yang dipakai ialah kualitatif deskriptif dengan prosedur pengamatan interview serta dokumentasi. Teknik analisa data yang dipakai meliputi reduksi data penyajian data serta pembuatan simpulan. Hasil penelitian berikut memaparkan bahwasanya 1) camp assesment merupakan balai rehabilitasi sementara yang mempunyai tugas assesment awal dan berfungsi sebagai tempat tinggal sementara. 2) Peran dari camp assesment yakni sebagai penyedia fasilitas pemercepat perubahan dan penghubung antara orang terlantar dengan keluarganya. 3) Faktor pendukung camp assesment dalam menjalankan kinerjanya meliputi sarana-prasarana yang mumpuni dan SDM yang kompeten. Kendala pemenuhan hak orang terlantar oleh camp assesment meliputi ketersediaan fasilitas medis yang terbatas dan pihak keluarga yang tidak mau menerima kembali anggota keluarganya yang terlantar. 4) usaha yang dijalankanguna menyelesaikan kendala tersebut yakni bekerja sama bersama stakeholder lainnya seperti Dinas Kesehatan dan Puskesmas serta melakukan upaya mediasi dan advokasi dengan pihak keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/303612

Actions (login required)

View Item View Item