Upaya masyarakat dalam menjaga toleransi untuk mempererat kerukunan antarumat beragama di desa pekuwon kecamatan juwana kabupaten pati / Neni Ariyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya masyarakat dalam menjaga toleransi untuk mempererat kerukunan antarumat beragama di desa pekuwon kecamatan juwana kabupaten pati / Neni Ariyanti

Ariyanti, Neni Ariyanti (2023) Upaya masyarakat dalam menjaga toleransi untuk mempererat kerukunan antarumat beragama di desa pekuwon kecamatan juwana kabupaten pati / Neni Ariyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari kajian ini yaitu untuk mendeskripsikan serta menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat masyarakat dalam menjaga toleransi untuk mempererat kerukunan antarumat beragama di Desa Pekuwon solusi yang dilakukan masyarakat untuk mengatasi hambatan dalam menjaga toleransi untuk mempererat kerukunan antarumat beragama di Desa Pekuwon serta upaya masyarakat dalam menjaga toleransi untuk mempererat kerukunan antarumat beragama di Desa Pekuwon. Kajian ini menggunakan metode penelitian campuran. Sumber data dalam kajian ini didapatkan melalui informan peristiwa serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) Faktor pendukung masyarakat dalam menjaga toleransi untuk mempererat kerukunan di Desa Pekuwon diantaranya adanya pembangunan tempat ibadah persaudaraan dan peran tokoh agama. 2) Faktor penghambat masyarakat dalam menjaga toleransi untuk mempererat kerukunan di Desa Pekuwon adalah adanya kemajuan teknologi dan adanya sikap fanatisme masyarakat. 3) Solusi yang dilakukan masyarakat untuk mengatasi hambatan dalam menjaga toleransi untuk mempererat kerukunan ialah dengan cara mengintrospeksi diri sendiri dan juga mengutamakan musyawarah. 4) Upaya masyarakat dalam menjaga toleransi untuk mempererat kerukunan antarumat beragama di Desa Pekuwon ialah melakukan berbagai tradisi seperti sedekah bumi barikan memperingati haul Sunan Ngerang merayakan HUT RI serta membantu mempersiapkan hari besar agama lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/303602

Actions (login required)

View Item View Item