Sari, Devi Oktavia Sari (2023) Implementasi pembelajaran pendidikan pancasila berdasarkan kurikulum merdeka di smp negeri 06 kota batu / DEVI OKTAVIA SARI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan Pancasila merupakan sebuah mata pelajaran wajib yang harus diberikan dalam struktur kurikulum merdeka. Hal tersebut sesuai dengan Pasal 37 ayat (1) UU No. 20 Tahun 2003 yang mewajibkan kurikulum pendidikan dasar dan pendidikan menengah memuat pendidikan kewarganegaraan atau yang dalam kurikulum merdeka diberi nama sebagai pendidikan Pancasila. Kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten yang disajikan kepada peserta didik menjadi lebih optimal yang bertujuan agar peserta didik dapat memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Kajian ini memiliki tujuan untuk memberikan deskripsi mengenai perencanaan pelaksanaan dan asesmen pembelajaran pendidikan Pancasila berdasarkan kurikulum merdeka di SMP Negeri 06 Kota Batu. Kajian ini menerapkan pendekatan kualitatif dan jenisnya deskriptif. Lokasi penelitian berada di SMP Negeri 06 Kota Batu. Sumber datanya yaitu kepala sekolah SMP Negeri 06 Kota Batu Waka bidang kurikulum guru pendidikan Pancasila dan peserta didik kelas 7 dokumen yaitu foto pembelajaran modul ajar dan dokumen lainnya dan peristiwa yaitu proses pembelajaran pendidikan Pancasila. Instrumen dalam kajian ini adalah pedoman wawancara dan observasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dokumentasi dan observasi. Model Miles dan Huberman digunakan dalam menganalisis data ini dengan 3 tahapan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yaitu (1) perencanaan pembelajaran pendidikan Pancasila diawali dengan menganalisis capaian pembelajaran menentukan tujuan pembelajaran mengembangkan alur tujuan pembelajaran dan modul ajar. Namun penyusunan modul ajar tidak sesuai dengan standar proses (PERMENDIKBUD No. 16 Tahun 2022) dalam kurikulum merdeka. (2) pelaksanaan pembelajaran pendidikan Pancasila dengan tahapan kegiatan pendahuluan inti dan penutup. Model pembelajaran yang digunakan yaitu PJBL (Project Based Learning) PBL (Problem Based Learning) dan Discovery Learning. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan Pancasila telah sesuai dengan standar proses. (3) asesmen pembelajaran pendidikan Pancasila guru telah menggunakan asesmen formatif dan asesmen sumatif. Asesmen formatif berupa observasi tugas harian penilaian individu dan penilaian antar teman sedangkan asesmen sumatif dilaksanakan berupa tes yaitu ulangan harian penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester. Asesmen pembelajaran pendidikan Pancasila sesuai dengan panduan pembelajaran dan asesmen kurikulum merdeka tahun 2022 (PERMENDIKBUD No. 21 Tahun 2022). Saran dalam kajian ini adalah guru dapat meng-upgrade pengetahuan terkait dengan kurikulum merdeka.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/303601 |
Actions (login required)
View Item |