Peranan balai pemasyarakatan Kelas I Malang dalam proses pembimbingan pada klien pemasyarakatan narkotika / Tika Khoirun Nisa\'</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan balai pemasyarakatan Kelas I Malang dalam proses pembimbingan pada klien pemasyarakatan narkotika / Tika Khoirun Nisa\'</p>

Nisa', Tika Khoirun (2023) Peranan balai pemasyarakatan Kelas I Malang dalam proses pembimbingan pada klien pemasyarakatan narkotika / Tika Khoirun Nisa\'</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan proses pembimbingan pada klien pemasyarakatan narkotika di Balai Pemasyarakatan Kelas I Malang dan faktor pendukung serta penghambat proses pembimbingan pada klien pemasyarakatan narkotika ke dalam lingkungan masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang yang dilakukan dalam pelaksanaan penelitian ini terdapat tiga tahapan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa program pembimbingan berperan penting dalam pembentukan klien pemasyarakatan narkotika menjadi warga negara yang baik. Dalam hal ini peran Balai Pemasyarakatan sangat krusial karena memberikan pembimbingan berupa bimbingan kemandirian dan pelatihan. Proses ini merupakan upaya Balai Pemasyarakatan dalam memberikan kesempatan serta bekal bagi klien pemasyarakatan narkotika agar dapat bersosialisasi kembali ke dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/303598

Actions (login required)

View Item View Item