Pengembangan media edukasi digital pencegahan kenakalan remaja pada siswa menggunakan heyzine flipbook di sma negeri 1 singosari / Devina Oktavia Almaghfuroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media edukasi digital pencegahan kenakalan remaja pada siswa menggunakan heyzine flipbook di sma negeri 1 singosari / Devina Oktavia Almaghfuroh

Almaghfuroh, Devina Oktavia Almaghfuroh (2023) Pengembangan media edukasi digital pencegahan kenakalan remaja pada siswa menggunakan heyzine flipbook di sma negeri 1 singosari / Devina Oktavia Almaghfuroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan untuk pencegahan kenakalan remaja masih belum banyak menjadi perhatian bagi sekolah. Hal ini dibuktikan dengan belum adanya materi secara khusus membahas mengenai pencegahan kenakalan remaja yang disisipkan dalam mata pelajaran ataupun non mata pelajaran kepada peserta didik. Disisi lain pemberitaan mengenai kenakalan remaja marak terjadi seperti kejahatan jalanan yang dilakukan oleh remaja tawuran antar pelajar kekerasan fisik pada remaja pelecehan dan lainnya. Sehingga kajian ini berfokus untuk pengembangan media edukasi pencegahan kenakalan remaja menggunakan heyzine flipbook secara digital. Rancangan materi dilakukan berdasarkan hasil dari analisis kebutuhan melalui observasi dan wawancara di sekolah. Peserta didik dapat menggunakan media edukasi secara mandiri melalui link atau kode Qr. Penggunaan emodul heyzine flipbook dapat digunakan oleh seluruh peserta didik di SMA Negeri 1 Singosari materi tambahan dalam mata pelajaran materi pada ekstrakurikuler dan kegiatan sekolah lainnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan ADDIE oleh Branch yang melalui lima tahapan yakni analysis design development implementation and evaluation. Pengembangan media edukasi telah melalui tahap validitas materi dengan memperoleh persentase 95 8% dan validitas media sebesar 91 7%. Sedangkan pada uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase sebesar 89 2% dan uji coba kelompok besar mendapatkan persentase sebesar 90 9%. Berdasarkan hasil tersebut maka media edukasi digital heyzine flipbook dapat dikategorikan valid dan layak untuk diimplementasikan kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/303597

Actions (login required)

View Item View Item