Peran pesantren dalam membentuk santri yang berkepribadian pancasila di Pondok Pesantren Sholahul Huda Al Mujahidin Malangsuko Tumpang Malang / Mukhamad Ridwan Arif - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran pesantren dalam membentuk santri yang berkepribadian pancasila di Pondok Pesantren Sholahul Huda Al Mujahidin Malangsuko Tumpang Malang / Mukhamad Ridwan Arif

Arif, Mukhamad Ridwan (2023) Peran pesantren dalam membentuk santri yang berkepribadian pancasila di Pondok Pesantren Sholahul Huda Al Mujahidin Malangsuko Tumpang Malang / Mukhamad Ridwan Arif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui peran Pesantren dalam membentuk santri yang memiliki kepribadian Pancasila di Pondok Pesantren Sholahul Huda Al Mujahidin. Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif milik Miles dan Huberman. Serta pengecakan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan pondok pesantren memiliki peran besar dalam membentuk santri berkepribadian Pancasila santri belum disiplin dan kurang peduli wali santri menjadi hambatan utama solusinya adalah dengan pendekatan kekeluargaan terhadap santri serta memberikan hukuman yang sesuai solusi menghadapi wali santri yang kurang peduli yaitu pengurus melakukan komunikasi dan diskusi dengan wali santri atau melakukan kunjungan kerumah wali santri yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2023 04:29
Last Modified: 13 Dec 2023 07:19
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/303596

Actions (login required)

View Item View Item