Habituasi fikih kebangsaan pada santri putri di madrasah diniyah al-muhsinat kuwolu bululawang malang / Aisya Munir - Repositori Universitas Negeri Malang

Habituasi fikih kebangsaan pada santri putri di madrasah diniyah al-muhsinat kuwolu bululawang malang / Aisya Munir

Munir, Aisya Munir (2023) Habituasi fikih kebangsaan pada santri putri di madrasah diniyah al-muhsinat kuwolu bululawang malang / Aisya Munir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kajian fikih kebangsaan pada santri putri habituasi fikih kebangsaan pada santri putri serta hambatan dan solusi dalam pelaksanaannya di Madrasah Diniyah Al-Muhsinat Kuwolu Bululawang Malang. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan sumber data berupa informan peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah reduksi data penyajian data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kajian fikih kebangsaan pada santri putri di Madrasah Diniyah Al-Muhsinat berpedoman pada buku ldquo Fikih Kebangsaan rdquo hasil dari bathsul masail alumni Lirboyo jilid pertama dan ditambahkan materi nilai-nilai kebangsaan yang ada dalam Pancasila. Nilai-nilai kebangsaan dalam kajian fikih kebangsaan tersebut yakni 1) Cinta tanah air 2) Nilai persatuan 3) Gotong royong 4) Toleransi 5) Kekeluargaan 6) Demokrasi 7) Anti radikalisme. Habituasi fikih kebangsaan ini dilakukan melalui kegiatan-kegiatan di madrasah diniyah yakni mengaji shalat berjama rsquo ah peringatan kemerdekaan ro rsquo an buka bersama dan rapat pengurus. Hambatan dari habituasi fikih kebangsaan ini yaitu adanya rasa malas dan kegiatan lain yang dilakukan santri seperti sekolah kuliah atau kerja. Solusi dari hambatan tersebut yakni memotivasi para santri dan memberikan surat peringatan kepada wali santri dengan tujuan agar santri merasa jera.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/303594

Actions (login required)

View Item View Item