Penguatan pendidikan karakter gotong royong melalui ekstrakurikuler pramuka di SMK Negeri 5 Kota Malang / Febriani Dwi Cahyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguatan pendidikan karakter gotong royong melalui ekstrakurikuler pramuka di SMK Negeri 5 Kota Malang / Febriani Dwi Cahyanti

Cahyanti, Febriani Dwi (2022) Penguatan pendidikan karakter gotong royong melalui ekstrakurikuler pramuka di SMK Negeri 5 Kota Malang / Febriani Dwi Cahyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Generasi muda merupakan generasi penerus bangsa. Saat ini sering dijumpai adanya krisis moralitas pada generasi muda di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman pendidikan karakter. Salah satu cara mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan Penguatan Pendidikan Karakter di ranah pendidikan. Melalui ekstrakurikuler Pramuka SMKN 5 Malang mengajarkan pentingnya pendidikan karakter gotong-royong kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Rencana program Penguatan Pendidikan Karakter gotong royong dalam ekstrakurikuler pramuka (2) Pelaksanaan program Penguatan Pendidikan Karakter gotong royong dalam ekstrakurikuler pramuka (3) Kendala pada pelaksanaannya dan (4) Upaya mengatasi kendala pada pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi di SMKN 5 Malang wawancara bersama Wakil Kepala Sekolah Pembina Pramuka serta siswa-siswi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan PPK pada ekstrakurikuler pramuka di SMKN 5 Malang didasarkan RPP Silabus dan program kerja. Pelaksanaan PPK merupakan implementasi dari RPP silabus dan program kerja yang meliputi program kerja mingguan bulanan dan tahunan yang kegiatannya didominasi gotong-royong. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya yaitu sistem pembelajaran daring kurangnya kesadaran siswa akan absensi cuaca buruk. Upaya untuk mengatasi kendala adalah memberikan sanksi terhadap siswa yang tidak disiplin dan melakukan kegiatan indoor jika cuaca buruk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:29
Last Modified: 27 Mar 2024 07:02
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/303496

Actions (login required)

View Item View Item