Pengaruh Brand Image terhadap kepuasan konsumen (Studi pada pengguna sepeda motor merek Honda pada klub-klub otomotif di Kota Malang) / Galih Pratitiweni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Brand Image terhadap kepuasan konsumen (Studi pada pengguna sepeda motor merek Honda pada klub-klub otomotif di Kota Malang) / Galih Pratitiweni

Pratitiweni, Galih (2009) Pengaruh Brand Image terhadap kepuasan konsumen (Studi pada pengguna sepeda motor merek Honda pada klub-klub otomotif di Kota Malang) / Galih Pratitiweni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada jaman yang semakin maju sekarang ini konsumen semakin dihadapkan pada berbagai pilihan produk ketika harus memenuhi kebutuhan serta keinginan dalam hidup. Berbagai macam variasi yang ditawarkan mulai dari harga yang murah kualitas berbagai bentuk produk dan daya tahan semua akan dapat kita jumpai ketika akan membeli suatu produk. Hal ini ini juga terjadi pada industri sepeda motor di Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh tiap-tiap variabel bebas brand image yang terdiri dari (harga produk promosi dan pelayanan) terhadap variabel terikat (kepuasan konsumen) dan pengaruh variabel bebas secara bersama-sama (simultan) terhadap variabel terikat. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari anggota klub yang tergabung dalam Federasi Otomotif Malang (FOM) yang menggunakan sepeda motor merek Honda. Populasi ditentukan dari anggota klub yang menggunakan sepeda motor merek Honda sebesar 341 orang dan sampel yang ditentukan dengan rumus n N/1 Ne2 mendapatkan sampel yang akan diuji sebesar 67 responden .Penelitian ini menggunakan tehnik pengukuran propotional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi berganda (multiple regretion) dengan melakukan analisis uji-t untuk mengetahui pengaruh tiap-tiap variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) dan uji-F untuk mengetahui pengaruh variabel bebas (X) secara bersama-sama terhadap variabel terikat (Y). Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara harga terhadap kepuasan konsumen hal ini dibuktikan dengan t hitung . t tabel yaitu 4 777 2 000 dengan nilai signifikansi t 0.000 8804 0 05. Ada pengaruh yang signifikan antara produk terhadap kepuasan konsumen hal ini dibuktikan dengan t hitung . t tabel yaitu 2 369 2 000 dengan nilai signifikansi t 0 021 8804 0 05. Ada pengaruh yang signifikan antara promosi terhadap kepuasan konsumen hal ini dibuktikan dengan t hitung . t tabel yaitu 2 588 2 000 dengan nilai signifikansi t 0 012 8804 0 05. Ada pengaruh yang signifikan antara pelayanan terhadap kepuasan konsumen hal ini dibuktikan dengan t hitung . t tabel yaitu 5 316 2 000 dengan nilai signifikansi t 0 000 8804 0 05. Secara simultan dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara brand image terhadap kepuasan konsumen pengguna sepeda motor merek Honda pada klub-klub otomotif diKota Malang hal ini dapat dibuktikan dengan F hitung F tabel yaitu 70 329 2 51 dengan nilai signifikansi 0 000 yang berarti 8804 0 05. Diketahui pula nilai adjusted R Square sebesar 0 808 dapat diartikan bahwa variabel brand image dalam mempengaruhi kepuasan konsumen pengguna sepeda motor merek Honda sebesar 80 8% dan sisanya sebesar 19 2% dipengaruhi hal-hal lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan bagi (1) kepada PT. Astra Honda Motor karena persaingan dibidang industri otomotif semakin ketat maka PT. Astra Honda Motor harus dapat terus melakukan inovasi dan perubahan baik dalam bentuk maupun tehnoliginya Hal ini agar Honda dapat selalu menjadi market leader di Indonesia. (2) untuk penelitian selanjutnya agar dapat menggali variabel-variabel lain diluar penelitian ini seperti saluran distribusi dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30344

Actions (login required)

View Item View Item