Pengaruh kualitas produk terhadap proses keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk minyak goreng kemasan filma (studi pada ibu rumah tangga warga Perum Griya Asri, Kelurahan Pandan Wangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang) / Fonni Adrianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas produk terhadap proses keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk minyak goreng kemasan filma (studi pada ibu rumah tangga warga Perum Griya Asri, Kelurahan Pandan Wangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang) / Fonni Adrianti

Adrianti, Fonni (2009) Pengaruh kualitas produk terhadap proses keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk minyak goreng kemasan filma (studi pada ibu rumah tangga warga Perum Griya Asri, Kelurahan Pandan Wangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang) / Fonni Adrianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan dunia usaha saat ini menuntut perusahaan untuk semakin meningkatkan kinerja produksinya. Dalam situasi persaingan yang seperti sekarang ini perusahaan perlu berlomba-lomba memberikan produk yang berkualitas untuk konsumen. Sehingga diharapkan perusahaan akan mampu bertahan bahkan memenangkan persaingan dalam dunia usaha saat ini. Dalam usahanya untuk menciptakan produk minyak goreng yang berkualitas tinggi PT. Sinar Mas Agro Resources Tekhnology (SMART) Coorporation Tbk melakukan peningkatan kualitas produk secara terus menerus. Selain itu perusahaan juga harus dapat mengembangkan suatu produk yang bermanfaat dan sesuai dengan harapan konsumen dan kebutuhan pasar. Terdapat empat faktor yang menjadi tuntutan dan pertimbangan para pelanggan dan calon pelanggan minyak goreng untuk memilih produk minyak goreng yang akan digunakan antara lain kinerja produk yang tinggi melalui keamanan dan kandungan gizi keistimewaan produk berupa warna yang jernih dan kemasan yang dapat membedakan dengan produk pesaing dan daya tahan berupa kemampuan produk untuk dapat terus digunakan dalam jangka waktu yang panjang serta citra produk dan reputasi merek yang terpercaya dan bermanfaat bagi konsumen. Proses keputusan pembelian suatu produk pada dasarnya merupakan proses pemecahan masalah dimulai dengan usaha konsumen menentukan macam kualitas serta jenis produk mana yang akan dibeli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk yang meliputi kinerja produk keistimewaan produk daya tahan produk dan kualitas yang dirasakan terhadap proses keputusan pembelian konsumen dalam membeli minyak goreng kemasan Filma. Populasi dalam penelitian ini adalah Ibu Rumah Tangga warga Perum. Griya Asri pengguna minyak goreng Filma. Sampel dari penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 68 orang. Data diperoleh melalui responden dengan menggunakan alat pengumpul data berupa kuesioner tertutup dan diukur dengan menggunakan skala likert. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kinerja produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen dalam membeli minyak goreng kemasan Filma dengan nilai 946 0 885 (2) Keistimewaan produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen dalam membeli minyak goreng kemasan Filma dengan nilai 946 0 590 (3) Daya tahan produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen dalam membeli minyak goreng kemasan Filma dengan nilai 946 0 241 (4) Kualitas yang dirasakan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen dalam membeli minyak goreng kemasan Filma dengan nilai 946 0 327 Secara simultan variabel kualitas produk yang terdiri dari kinerja produk keistimewaan produk daya tahan produk dan kualitas yang dirasakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen dalam membeli minyak goreng kemasan Filma dengan nilai F 36 791 dan nilai Adjusted R Square sebesar 0 681. Dari keempat variabel tersebut kinerja produk merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap proses keputusan pembelian konsumen dalam membeli minyak goreng kemasan Filma. Saran yang dapat direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian yang didapatkan adalah (1) Sinar Mas dapat meningkatkan kinerja produknya terutama dalam hal proses produksi untuk keamanan konsumsi dan terjamin bagi kesehatan (2) Keistimewaan produk Filma terutama dari segi ciri khas yang mempunyai warna jernih dan kuning keemasan sehingga dengan mudah dibedakan dari produk pesaing seyogyanya dapat dipertahankan (3) Optimalisasi penggunaan minyak goreng sehingga dapat digunakan dalam waktu lebih lama dan berulang-ulang tetapi dengan kandungan gizi yang tetap baik (4) Perusahaan harus dapat mempertahankan image positif dan meningkatkan kualitas produksi dari waktu ke waktu (5) Perusahaan harus konsisten dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas produknya dengan terus menjaga konsistensi pelayanan dan pemasaran yang diterapkan serta berbasis pada kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30335

Actions (login required)

View Item View Item