Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada pemilik televisi Sharp di Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar) / Muhammad Mahsus Shodiq - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada pemilik televisi Sharp di Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar) / Muhammad Mahsus Shodiq

Shodiq, Muhammad Mahsus (2009) Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada pemilik televisi Sharp di Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar) / Muhammad Mahsus Shodiq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi televisi merupakan media yang sangat dibutuhkan masyarakat. Televisi merupakan media informasi yang efektif hal ini ditandai dengan munculnya merk baru di pasaran sehingga persaingan diantara produk televisi semakin tajam. Atribut produk merupakan salah satu cara yang dilakukan produsen untuk membedakan produknya dengan produk pesaing sehingga produk tersebut tetap disukai konsumen. Untuk itu produsen televisi SHARP perlu untuk mengetahui atribut produk yang dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian televisi diantaranya harga mutu merk desain produk layanan pendukung dan garansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh harga mutu merk desain produk fasilitas (layanan pendukung) garansi secara parsial terhadap keputusan pembelian televisi SHARP oleh masyarakat Kec. Nglegok Kab. Blitar.(2) Pengaruh harga mutu merk desain produk fasilitas (layanan pendukung) garansi secara simultan terhadap keputusan pembelian televisi SHARP oleh masyarakat Kec. Nglegok Kab. Blitar.(3) Atribut Produk (harga mutu merk desain produk fasilitas (layanan pendukung) dan garansi yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian televisi SHARP oleh masyarakat Kec. Nglegok Kab. Blitar Penelitian ini merupakan penelitian merupakan penelitian korelasional yaitu penelitian yang berusaha untuk menentukan apakah terdapat hubungan (asosiasi) antara dua variabel atau lebih serta seberapa jauh korelasi yang ada diantara dua variabel yang diteliti.. Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebasnya yaitu atribut produk terdiri dari 6 sub variabel yaitu harga (Xl) mutu (X2) merek (X3) desain produk (X4) layanan pendukung (X5) dan garansi (X6). Sedangkan variabel bebasnya (Y) adalah keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik televisi SHARP di kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Karena sukar memprediksi berapa pemilik televisi SHARP di Kecamatan Nglegok kabupaten Blitar maka penelitian ini menggunakan infinite populatian Sampel dalam penelitian ini sebesar 140 orang. Penentuan sampel menggunakan Accidental Sampling dimana peneliti membagikan kuesioner pada responden yang secara kebetulan memiliki televisi SHARP dan saat itu dapat ditemui peneliti. Adapun metode pengumpulan data dengan menyebarkan angket/ kuesioner kepada pemilik televisi SHARP di Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Analisis hasil penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian terbukti bahwa (1) Ada pengaruh yang positif signifikan secara parsial antara atribut harga mutu merek disain produk layanan pendukung dan garansi secara parsial terhadap keputusan konsumen dalam membeli Televisi SHARP di Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar (2) Ada pengaruh yang positif signifikan secara simultan antara atribut harga mutu merek disain produk layanan pendukung dan garansi secara simultan terhadap keputusan konsumen dalam membeli Televisi SHARP di Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar (3) Atribut produk (harga mutu merk desain produk layanan pendukung dan garansi) yang dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam Televisi SHARP di Kecamatan Nglegok kabupaten Blitar adalah desain produk. Saran yang dapat dikemukakan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama penelitan adalah (1) Bagi perusahaan Kondisi atribut produk yang dijabarkan penelitian ini kiranya dapat dipertimbangkan untuk ditindak lanjuti misalnya dengan memaksimalkan faktor yang dominan serta meningkatkan kualitas faktor-faktor yang tidak dominan. (2) Bagi Peneliti berikutnya yang ingin meneliti lebih jauh tentang atribut produk televisi dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen hendaknya mengembangkan atribut produk lain yang belum digunakan dalam penelitian ini seperti kemasan label dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30333

Actions (login required)

View Item View Item