Pengaruh store image (Citra Toko) terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen apotek Kimia Farma 36 Malang) / M. Ismail Marzuqi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh store image (Citra Toko) terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen apotek Kimia Farma 36 Malang) / M. Ismail Marzuqi

Marzuqi, M. Ismail (2009) Pengaruh store image (Citra Toko) terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen apotek Kimia Farma 36 Malang) / M. Ismail Marzuqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam rangka perwujudan penanganan kesejahteraan masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan diperlukan sarana penunjang usaha peningkatan pelayanan kesehatan melalui penyediaan obat-obatan salah satunya adalah apotek. Oleh karena itu apotek dituntut untuk selalu membangun suatu citra yang baik agar mampu bersaing dalam pasar dalam rangka mempertahankan konsumen dan juga mencari konsumen baru. Salah satu bentuk strategi yang bisa diterapkan dalam membentuk persepsi konsumen terhadap suatu toko adalah melalui strategi Store image. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi Store image (Citra Toko) mengetahui pengaruh variabel Store image (Citra Toko) secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen megetahui pengaruh store image (Citra Toko) secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen dan mengetahui variabel store image yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen di Apotek Kimia Farma 36 Malang. Variabel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Untuk variabel bebasnya yakni Store image (X) yang terdiri dari variabel Harga (X1) Produk (X2) Lingkungan toko (X3) Personel (X4) dan Layanan (X5). Sedangkan variabel terikatnya adalah variabel Keputusan Pembelian Konsumen (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan model penelitian survey sedangkan populasi yang digunakan adalah konsumen Apotek Kimia Farma 36 Malang yang pernah melakukan pembelian obat dalam bentuk resep. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 80 responden yang dipilih secara accidental sampling. Dengan instrumen yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel store image yang terdiri dari Harga (X1) sebesar 2 091 Produk (X2) sebesar 4 249 Lingkungan toko (X3) sebesar 2 980 Personel (X4) sebesar 2 388 dan Layanan (X5) sebesar 2 518 secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen di Apotek Kiimia Farma 36 Malang dan juga terdapat pengaruh antara variabel store image yang terdiri dari Harga (X1) Produk (X2) Lingkungan toko (X3) Personel (X4) dan Layanan (X5) sebesar 48 399 secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen di Apotek Kimia Farma 36 Malang dan variabel produk (X2) merupakan variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Apotek Kimia Farma 36 Malang. Nilai Adjusted R Square dalam penelitian ini sebesar 0 75 yang berarti bahwa 75% keputusan pembelian di apotek Kimia Farma 36 Malang dipengaruhi oleh variabel store image. 1 Dari hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa variabel store image (citra toko) masih efektif digunakan sebagai sumber keberhasilan perusahaan yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Apotek Kimia Farma 36 Malang. Oleh karena itu perlu disarankan adanya peningkatan dan perhatian terhadap faktor-faktor dari citra toko tersebut misalanya dengan pemberian harga yang kompetitif penambahan jenis dan macam obat penambahan ruang tunggu penambahan karyawan serta peningkatan kualitas pelayanan. Dan untuk faktor produk harus menjadi perhatian khusus karena produk merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian yakni dengan tetap menjaga kualitas atau dengan peningkatan dari kualitas produk obat yang ditawarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30329

Actions (login required)

View Item View Item