Pengaruh kemasan Daia 87 gram terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi kasus pada Ibu Rumah Tangga pengguna sabun detergen Daia di Desa Waru, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan) / Achmad Rizal Agustana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemasan Daia 87 gram terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi kasus pada Ibu Rumah Tangga pengguna sabun detergen Daia di Desa Waru, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan) / Achmad Rizal Agustana

Agustana, Achmad Rizal (2010) Pengaruh kemasan Daia 87 gram terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi kasus pada Ibu Rumah Tangga pengguna sabun detergen Daia di Desa Waru, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan) / Achmad Rizal Agustana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemasan Daia 87 gram sangat praktis dan ekonomis mengingat pangsa pasar Daia adalah kalangan ekonomi menengah bawah yang terlihat dari harga sabun detergen Daia 87 gram hanya Rp1.000 00 (Seribu Rupiah) per sachetnya. Harga tersebut sangat terjangkau oleh ibu rumah tangga pengguna sabun detergen Daia di Desa Weru Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Sebuah kemasan yang baik mampu mengajak pembeli untuk membeli barang tersebut. Oleh karena itu diadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemasan daia 87 gram terhadap keputusan pembelian konsumen dengan mengambil sampel ibu rumah tangga pengguna sabun detergen Daia di Desa Weru Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Variabel-variabel yang akan diteliti adalah variabel bebas yang terdiri dari desain fungsional desain grafis dan etika kemasan Daia 87 gram dan variabel terikat yaitu pengambilan keputusan pembelian Daia 87 gram. Penelitian ini bersifat korelasi kausalitas. Pengambilan data menggunakan teknik sampling sampling purposive kepada 80 orang responden. Untuk memenuhi tujuan dari penelitian ini maka digunakan analisa statistik deskriptip atas data yang diperoleh dari penyebaran angket sebagai instrumen penelitian dan analisis statistik inferensial untuk mengetahui pengaruh ketiga unsur kemasan secara parsial dan simultan terhadap pengambilan keputusan pembelian. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) responden setuju bahwa desain fungsional kemasan Daia 87 gram sudah baik karena 55% responden setuju akan hal tersebut sehingga variabel desain fungsional kemasan Daia 87 gram mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian (2) responden setuju bahwa desain grafis kemasan Daia 87 gram sudah baik karena 50% responden menjawab setuju sehingga variabel desain grafis kemasan Daia 87 gram mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian (3) responden kurang setuju bahwa etika kemasan Daia 87 gram sudah baik karena hanya 43% responden yang menjawab setuju dengan tingkat signifikansi 0 323 sehingga variabel etika kemasan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian detergen Daia kemasan 87 gram (4) secara simultan variabel bebas yang terdiri dari desain fungsional desain grafis dan etika kemasan Daia 87 gram juga terbukti memiliki pengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian dengan nilai Fhitung sebesar 6 001 dengan tingkat signifikansi 0 001. Dari ketiga variabel bebas ternyata variabel desain fungsional memberikan pengaruh yang dominan terhadap pengambilan keputusan pembelian dengan nilai 354 dan besarnya sumbangan efektif sebesar 45 9%. Hal ini karena pada dasarnya konsumen tertarik dengan kemasan Daia 87 gram karena kemasan tersebut memberikan jaminan akan kualitas barang dan praktis yang berarti mudah dibawa mudah dibuka dan ditutup kembali ringan dan tepat ukuran. Dari hasil penelitian ini peneliti menyarankan hendaknya produsen terus mengembangkan kemasan produknya secara inovatif sebagai strategi untuk memperolehvolume penjualan produk yang lebih besar. Hal ini dikarenakan sebagian besar responden setuju menganggap bahwa desain fungsional desain grafis dan etika kemasan sabun detergen Daia kemasan 87 gram sudah cukup baik akan tetapi hanya berpengaruh sebesar 19 2% terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30319

Actions (login required)

View Item View Item