Pengaruh Eva (Economic Value Added), MVA (Market Value Added) dan ROI (Return On Investment) terhadap return saham pada perusahaan manufaktur yang Go Public Di Bei periode 2004-2006 / Siti Cholifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Eva (Economic Value Added), MVA (Market Value Added) dan ROI (Return On Investment) terhadap return saham pada perusahaan manufaktur yang Go Public Di Bei periode 2004-2006 / Siti Cholifah

Cholifah, Siti (2009) Pengaruh Eva (Economic Value Added), MVA (Market Value Added) dan ROI (Return On Investment) terhadap return saham pada perusahaan manufaktur yang Go Public Di Bei periode 2004-2006 / Siti Cholifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

EVA (Economic Value Added) merupakan analisis kinerja keuangan yang mengukur kemampuan perusahaan untuk menghasilkan nilai tambah bagi para investor. MVA(Market Value Added) merupakan selisih antara nilai pasar dengan modal yang diinvestasikan oleh investor. ROI (Return On Investment) merupakan rasio yang mengukur kemampuan perusahaan dengan keseluruhan dana yang ditanamkan dalam aktiva yang digunakan untuk operasi perusahaan guna menghasilkan keuntungan. Return Saham adalah hasil yang diperoleh dari investasi sekuritas saham yang terdiri dari dividend dan capital gain yang terjadi dari adanya perubahan harga saham. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan atau pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja perusahaan berdasarkan analisis EVA MVA ROI. Disamping itu juga untuk mengetahui bagaimana pengaruh EVA MVA dan ROI terhadap return saham. Apakah EVA MVA dan ROI memiliki pengaruh yang dominan terhadap return saham atau malah sebaliknya. Populasi penelitian ini meliputi semua perusahaan yang termasuk dalam perusahaan manufaktur yang go publik di Bursa Efek Jakarta. Sedangkan sampel penelitian terdiri dari 10 perusahaan yang masuk dalam 50 biggest market capitalation. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan purposive sampling. Periode pengamatan penelitian selama 3 tahun 2004-2006 menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh 10 perusahaan sampel memiliki nilai EVA positif. Nilai MVA menunjukkan bahwa dari 10 sampel hanya 3 perusahaan yang memiliki nilai MVA positif. Seluruh perusahaan sampel memiliki nilai ROI positif. Nilai return saham dari 10 perusahaan sampel hanya 6 perusahaan menilai return positif. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa variabel EVA MVA dan ROI berpengaruh signifikan terhadap return saham sedangkan secara parsial dari 3 variabel bebas tersebut hanya variabel MVA yang memiliki pengaruh signifikan terhadap return saham. Saran bagi penelitian selanjutnya sebaiknya dilakukan penambahan jumlah sampel dan variabel kinerja keuangan seperti EPS PER dan DER. Bagi perusahaan sebaiknya selain melakukan analisis kinerja rasio keuangan juga menerapkan konsep EVA dan MVA dalam menilai kinerja perusahaan karena hasil penelitian menunjukkan bahwa EVA dan MVA berpengaruh terhadap return saham. Dan juga sebaiknya perusahaan mencantumkan nilai EVA dan MVA dalam laporan keuangan yang dipublikasikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30313

Actions (login required)

View Item View Item