Pengaruh pertumbuhan penjualan, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan effective tax rate terhadap struktur modal (studi pada perusahaan automotive and allied product yang listing di BEI periode 2004-2007) / Binti Khoirul Na'im - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pertumbuhan penjualan, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan effective tax rate terhadap struktur modal (studi pada perusahaan automotive and allied product yang listing di BEI periode 2004-2007) / Binti Khoirul Na'im

Na'im, Binti Khoirul (2009) Pengaruh pertumbuhan penjualan, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan effective tax rate terhadap struktur modal (studi pada perusahaan automotive and allied product yang listing di BEI periode 2004-2007) / Binti Khoirul Na'im. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Struktur modal merupakan perimbangan antara hutang jangka panjang dan modal sendiri yang di ukur dengan perbandingan antara jumlah hutang jangka panjang dengan jumlah modal sendiri. Banyak faktor yang mempengaruhi struktur modal. Dalam penelitian ini diambil empat variabel yang berpengaruuh terhadap struktur modal yaitu pertumbuhan penjualan profitabilitas ukuran perusahaan effektive tax rate. Pertumbuhan penjualan adalah selisih antara jumlah penjualan periode ini dengan periode sebelumnya dibandingkan dengan penjualan periode sebelumnya. Profitabilitas diukur dengan mengunakan Return On Asset (ROA). ROA diukur dari perbandingan laba sebelum bunga dan pajak (EBIT) dengan total aktiva.Ukuran perusahaan dapat di ukur dengan logaritma natural dari total aktiva. Effective tax rate dihitung dari rasio pajak yang harus dibayar terhadap pendapatan sebelum pajak. Berdasarkan tingkat eksplanasinya penelitian ini termasuk jenis penelitian asosiaf yang menunjukkan kausal (sebab akibat). Populasi penelitian ini adalah perusahaan automotive and allied products yang terdaftar di BEI periode 2004-2007 sejumlah 20 perusahaan. Penentuan sampel pada peneltian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 8 perusahaan sampelSumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder dalam penelitian ini berupa laporan keuangan yang diperoleh dari internet BEI Indonesian Capital Market Dictionary dan dari publikasi yang memuat informasi yang berkaitan dengan perusahaan automotive and allied product. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah regresi linier berganda yang meliputi Uji t Uji F dan koefisien determinasi dengan progam komputer SPSS 14.0 for windows dan menggunakan 61537 5 %. Hasil regersi berganda menunjukkan bahwa secara parsial pertumbuhan penjulan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal profitabilitas mempunyai pengaruh yang signifikan tehadap struktur modal ukuran perusahaan mempunyai pengaruh yang signifikan tehadap struktur modal effektive tax rate tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal. Secara simultan menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan profitabilitas ukuran perusahaan dan effektive tax rate secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30301

Actions (login required)

View Item View Item