Studi komparatif peranan serikat pekerja dalam memperjuangkan hak-hal pekerja (studi kasus serikat pekerja pada BRI Kantor Cabang Martadinata dan Bank Permata Kantor Cabang Bromo Kota Malang) / Nur Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi komparatif peranan serikat pekerja dalam memperjuangkan hak-hal pekerja (studi kasus serikat pekerja pada BRI Kantor Cabang Martadinata dan Bank Permata Kantor Cabang Bromo Kota Malang) / Nur Aini

Aini, Nur (2009) Studi komparatif peranan serikat pekerja dalam memperjuangkan hak-hal pekerja (studi kasus serikat pekerja pada BRI Kantor Cabang Martadinata dan Bank Permata Kantor Cabang Bromo Kota Malang) / Nur Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Reformasi dibidang ketenagakerjaan akan dapat dilaksanakan jika manajemen sumber daya manusia berada pada peran yang menentukan. Reformasi tersebut harus diawali dengan perubahan paradigma bahwa manusia harus dianggap sebagai sumber daya yang paling penting bagi perusahaan atau instansi terkait. Hubungan industri yang harmonis dapat tercipta jika pola pendekatan dirubah dari pendekatan pengendalian ke pendekatan komitmen . Hal ini disebabkan karena para pekerja juga membutuhkan otonomi keterlibatan yang lebih tinggi tantangan pengembangan dan aktulisasi diri. setiap pekerja atau buruh berhak membentuk dan menjadi anggota serikat pekerja atau seriat buruh. Pembangunan serikat pekerja disebuah lembaga atau perusahaan sangat berperan sekali untuk kelancaran komunikasi antara pekerja dengan pihak manajemen. Sehingga ketika ada permasalahan mengenai kesejahteraan pekerja yang belum terpenuhi serikat pekerjalah yang memediatori untuk berkomunikasi meminta kepada manajemen untuk memenuhi. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana perbandingan peranan serikat pekerja BRI dan Bank Permata dalam memperjuangkan hak-hak pekerja. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan jenis Ex Post Vacto. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota serikat pekerja BRI Kantor Cabang Martadinata dan Bank Permata Kantor Cabang Bromo Kota Malang yang berjumlah 88 orang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa serikat pekerja Pada BRI Kantor Cabang Martadinata mempunyai peran dalam menciptakan iklim kerja dengan rasa tenteram adalah kurang tinggi peran serikat pekerja BRI dalam menciptakan ilim kerja dengan rasa saling percaya adalah tinggi peran serikat pekerja BRI dalam menciptakan iklim kerja yang kondusif adalah tinggi peran serikat pekerja BRI dalam menciptakan iklim kerja dengan semangat kebersamaan adalah kurang tinggi peran serikat pekerja BRI dalam menciptakan iklim kerja dengan komunikasi vertikal adalah tinggi peran serikat pekerja BRI dalam menciptakan iklim kerja dengan komunikasi horizontal adalah tinggi dan peran serikat pekerja BRI dalam mewujudkan hubungan industrial yang harmonis adalah tinggi. Sedangkan peran serikat pekerja Bank Permata dalam menciptakan iklim kerja dengan rasa tenteram adalah tinggi peran serikat pekerja Bank Permata dalam menciptakan ilim kerja dengan rasa saling percaya adalah kurang tinggi peran serikat pekerja Bank Permata dalam menciptakan iklim kerja yang kondusif adalah tinggi peran serikat pekerja Bank Permata dalam menciptakan iklim kerja dengan semangat kebersamaan adalah kurang tinggi peran serikat pekerja Bank Permata dalam menciptakan iklim kerja dengan komunikasi vertikal adalah kurang tinggi peran serikat pekerja Bank Permata dalam menciptakan iklim kerja dengan komunikasi horizontal adalah tinggi dan peran serikat pekerja Bank Permata dalam mewujudkan hubungan industrial yang harmonis adalah tinggi. Selain itu juga terdapat perbedaan yang signifikan antara peranan serikat pekerja Pada BRI Kantor Cabang Martadinata dengan serikat pekerja pada Bank Permata Kantor Cabang Bromo Kota Malang. Saran yang bisa diberikan adalah (1) Serikat pekerja hendaknya dapat melakukan komunikasi secara intensif dengan para pegawai atau anggota serikat pekerja terutama pada serikat pekerja BRI Kantor Cabang Martadinata baik dengan media e-mail kotak saran pada setiap unit atau kantor cabang dan wilayah agar permasalahan yang dirasakan oleh anggota serikat pekerja dapat diselesaikan dengan baik. (2) Serikat pekerja pada BRI maupun Bank Permata hendaknya dapat menciptakan hubungan industrial yang harmonis dengan cara melakukan komunikasi maupun negosiasi baik dengan para pegawai manajemen masyarakat dan juga pemerintah yang dalam hal ini diwakili oleh Dinas Tenaga Kerja agar dapat melaksanakan perannya sebagai oraganisasi penyalur aspirasi dalam memperjuangkan hak-hak pekerja maupun manajemen (3) Pegawai harusnya dapat memanfaatkan organisasi serikat pekerja tersebut sebagai wadah dalam berinteraksi dan berkreasi sebagi upaya pengembangan diri (4) Peneliti selanjutnya hendaknya meneliti indikator alternatif lainnya pada variabel peran yang lebih memberikan kontribusi kepada pihak yang bersangkutan. Misalnya adalah peran serikat pekerja pada anggota yang berada pada Unit-Unit dari Bank yang dipimpin peran serikat pekerja yang lebih spesifik pada peran dalam menyelesaikan permasalahan PHK maupun hubungan industrial atau variabel lain mengenai pengaruh masuk atau tidaknya pegawai dalam organisasi serikat pekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30300

Actions (login required)

View Item View Item