Penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pokok bahasan pecahan di kelas III SDK Santa Maria Kota Blitar/ Faris Fahrurrijal - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pokok bahasan pecahan di kelas III SDK Santa Maria Kota Blitar/ Faris Fahrurrijal

Fahrurrijal, Faris (2012) Penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pokok bahasan pecahan di kelas III SDK Santa Maria Kota Blitar/ Faris Fahrurrijal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Belajar Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Mata pelajaran Matematika pada Satuan Pendidikan SD/MI meliputi aspek- aspek bilangan geometri pengukuran dan pengolahan data. diantaranya adalah aspek bilangan yang terfokus pada konsep pecahan. Konsep pecahan sering dianggap sulit oleh siswa dikarenakan siswa kurang memahami maksud dari konsep pecahan itu sendiri padahal dalam proses pembelajaran sehari-hari guru sudah menjelaskan konsep pecahan secara lisan atau tertulis peserta didik juga sudah di berikan kesempatan bertanya ketika guru mengajar. Namun tetap saja kurang memahami konsep pecahan dan juga sedikit sekali di antara mereka yang mengajukan pertanyaan. Sehingga proses pembelajaran yang terjadi kurang aktif dan rendahnya prestasi belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pokok bahasan pecahan Kelas III di SDK Santa Maria Kota Blitar dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dalam istilah Indonesia dikenal dengan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Realistik dalam hal ini dimaksudkan tidak mengacu pada realitas tetapi pada sesuatu yang dapat dibayangkan oleh siswa. Hasil yang dicapai pembelajaran konsep pecahan siswa kelas III SDK Santa Maria Kota Blitar dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education sangat memuaskan dilihat dari pencapaian prestasi siswa pada siklus II dari 27 siswa yang mengalami penuntasan belajar 25 siswa dan yang tidak mengalami ketuntasan 2 siswa saja sehingga dapat diperoleh prosentase 93% siswa yang mengalami ketuntasan dan 7% siswa yang tidak mengalami ketuntasan. Setelah diadakan Penelitian Tindakan Kelas ini diharapkan Bagi guru meneruskan penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Educatian dalam pembelajaran matematika karena penelitian ini bersifat sementara. Perlunya motivasi siswa dalam setiap pembelajaran dan penghargaan pada siswa harus diberikan meskipun jawaban siswa kurang tepat perlunya pemahaman bahwa siswa perlu pengarahan yang bersifat continue (terus-menerus) meningkatkan kemampuan profesionalnya dalam mengelola pembelajaran baik melalui kelompok kerja guru atau pelatihan-pelatihan tertentu. Untuk siswa perlunya peningkatan diri melalui belajar secara terus menerus menghilangkan perasaan takut salah bila ingin mengemukakan pendapat jangan bertanya pada guru atau teman bila ada masalah yang belum dimengerti tumbuhkan rasa kerjasama antar teman sejawat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/303

Actions (login required)

View Item View Item