Pengembangan media pembelajaran berbasis tiktok mata pelajaran pjok materi semester ganjil pada siswa kelas xi sma negeri 1 lawang / Ananda Dwi Rachmadani Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis tiktok mata pelajaran pjok materi semester ganjil pada siswa kelas xi sma negeri 1 lawang / Ananda Dwi Rachmadani Santoso

Santoso, Ananda Dwi Rachmadani Santoso (2023) Pengembangan media pembelajaran berbasis tiktok mata pelajaran pjok materi semester ganjil pada siswa kelas xi sma negeri 1 lawang / Ananda Dwi Rachmadani Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan media pembelajaran yang menggunakan teknologi masa kini dapat membantu pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini ialah untuk membentuk dan memberikan fasilitas belajar yang menarik melalui aplikasi TikTok pada mata pelajaran pjok materi semester gasal meliputi sepak bola bola basket bola voli bulutangkis atletik serta HIV/AIDS untuk siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Lawang. Metodologi pengembangan ini menggunakan penelitian Research and Development (R amp D) oleh Zakariah dan Afriani (2020) dan memilik lima tahapan 1) analisis 2) desain 3) pengembangan 4) implementasi dan 5) evaluasi. Berdasarkan temuan masalah serta analisis kebutuhan yang ada peneliti membentuk pembaruan media pembelajaran yang ditujukan di proses pembelajaran PJOK khususnya di materi semester gasal pembelajaran PJOK kelas XI. Peneliti akan melakukan pengembangan media pembelajaran berbasis TikTok pada materi semester ganjil menggunakan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI pada SMA Negeri 1 Lawang. Berdasarkan hasil data ahli isi materi pembelajaran persentasenya (95%) ahli media pembelajaran persentasenya (98 6%) dan uji praktisi lapangan (97%) dan 39 peserta didik kelas XI yang berpartisipasi. Subjek uji coba perorangan dilakukan oleh tiga orang peserta didik XI IBB uji kelompok kecil oleh 6 orang siswa XI IPS dan uji coba kelompok besar oleh 30 orang siswa kelas XI MIPA. Hasil pengujian menunjukkan perolehan persentase uji coba perorangan sebanyak (84%) uji coba kelompok kecil (77%) serta uji coba kelompok besar (75%) maka produk media pembelajaran berbasis TikTok ini masuk dalam kategori sangat menarik untuk dipergunakan dan diaplikasikan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/302937

Actions (login required)

View Item View Item