Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan menginap pada hotel Resort Tuban / Riza Putra Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan menginap pada hotel Resort Tuban / Riza Putra Kusuma

Kusuma, Riza Putra (2009) Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan menginap pada hotel Resort Tuban / Riza Putra Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mulai kondusifnya perekonomian dan politik di Indonesia dalam dua tahun terakhir ini berdampak positif pada sektor industri di Indonesia termasuk salah satunya industri pariwisata. Hadirnya wisatawan ini membawa dampak positif terhadap peningkatan pendapatan sektor-sektor yang terkait dengan pariwisata khususnya di bidang perhotelan. Namun adanya perbedaan kondisi dan tujuan dari masing-masing individu membawa pula perbedaan persepsi antara hotel yang satu dengan yang lainnya. Masing-masing individu akan memilih hotel yang dianggap mampu memenuhi kebutuhannya serta dapat memberikan kepuasan bagi individu tersebut. Saat ini di kota Tuban telah banyak berdiri berbagai hotel seperti Hotel Resort Tuban Hotel Melati Hotel Indonesia Hotel Mustika Hotel Budi Hotel Jawa. Sebagian hotel tersebut menawarkan produk yang sejenis dan pasar sasaran yang sama sehingga dari segi ini dapat diketahui perbedaan antara keunggulan dan kelemahan masing-masing hotel. Demi memenangkan persaingan tentu saja pihak hotel (sebagai perusahaan) harus bisa memahami keinginan pasar yang ditunjang dengan suatu strategi pemasaran yang baik. Hotel sebagai perusahaan jasa dapat menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dan dikenal dengan strategi bauran pemasaran jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan menginap (studi pada pengguna jasa penginapan hotel Resort Tuban) secara parsial maupun secara simultan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional yang mana dalam rancangan tersebut akan dapat diketahui apakah ada pengaruh bauran pemasaran jasa dengan keputusan pembelian konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang menggunakan fasilitas layanan yang disediakan oleh hotel Resort Tuban (tamu hotel) dalam waktu 3 (tiga) bulan terhitung mulai bulan Januari Maret 2008 sebanyak 7.938 orang. Pengambilan data dengan metode nonprobability sampling sedangkan pemilihan sampel menggunakan convenience sampling sehingga dengan menggunakan rumus Slovin dihasilkan jumlah sampel 100 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang dikuantitatifkan dengan menggunakan data ordinal (skala ordinal). Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah bauran pemasaran jasa sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan menginap.Data penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0 000 yang berarti koefisien regresi signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Terdapat pengaruh positif yang signifikan bauran pemasaran jasa (produk harga distribusi promosi orang proses dan layanan pelanggan) secara parsial terhadap keputusan konsumen dalam memilih jasa penginapan pada hotel Resort Tuban (2). Terdapat pengaruh positif yang signifikan bauran pemasaran jasa (produk harga distribusi promosi orang proses dan layanan pelanggan) secara simultan terhadap keputusan konsumen dalam memilih jasa penginapan pada hotel Resort Tuban (3). Bauran pemasaran jasa mempunyai pengaruhsecara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 54 1% sedangkan sisanya sebesar 45 9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dideskripsikan dalam penelitian ini (4). Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada hotel Resort Tuban adalah produk. Saran yang dapat peneliti sampaikan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1). Bauran pemasaran jasa (produk harga distribusi promosi orang proses dan layanan pelanggan) yang diberikan oleh pihak perusahaan maupun para karyawan di hotel Resort Tuban pada pelanggan baik oleh karena itu bauran pemasaran jasa harus dipertahankan dan lebih ditingkatkan dengan cara (a) Meningkatkan keprofesionalan kinerja karyawan dan pimpinan perusahaan di hotel Resort Tuban (b) Manajemen hotel Resort Tuban diharapkan dapat melakukan cara yang dapat memberikan stimulus kepada konsumen seperti pengadaan dan pengembangan acara (event) secara rutin maupun insidental yang dapat mendekatkan hotel dengan konsumennya (c) Pihak perusahaan di hotel Resort Tuban hendaknya menyediakan kotak saran yang nantinya dari saran-saran tersebut hotel dapat mengkaji ulang dan memperbaiki pelayanan jasa yang masih kurang baik (2). Keputusan pembelian konsumen di hotel Resort Tuban tinggi oleh karena itu harus dipertahankan dan lebih ditingkatkan dengan cara (a) Pimpinan perusahaan beserta para karyawan harus mampu memberikan pelayanan yang baik dengan menambah ketrampilan-ketrampilan yang dimiliki oleh para karyawan dengan melakukan pelatihan kerja selain itu juga memberikan bonus yang lebih agar dapat memotivasi para karyawan untuk bekerja lebih baik lagi (b) Meningkatkan persepsi nilai lebih bagi produk jasa yang dihasilkan oleh Hotel Resort Tuban dengan cara menetapkan harga paket penginapan yang tidak terlalu mahal dan (c) memepertahankan atau bahkan menambah pelanggan dengan cara membandingkan dengan pesaing lainnya mengenai strategi-strategi yang dilakuakan para pesaing tantang kelemahan yang dimiliki dan memaksimalkan segala kelebihan perusahaan agar para pelanggan tidak beralih kepada para pesaing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30291

Actions (login required)

View Item View Item