Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada pelanggan koran Jawa Pos di wilayah Kecamatan Lowokwaru Kota Malang) / Kartikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada pelanggan koran Jawa Pos di wilayah Kecamatan Lowokwaru Kota Malang) / Kartikasari

Kartikasari (2009) Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada pelanggan koran Jawa Pos di wilayah Kecamatan Lowokwaru Kota Malang) / Kartikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam era globalisasi persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Munculnya para pemain baru dalam industri dan bisnis sejenis menyebabkan berkurangnya pangsa pasar yang telah dikuasai. Bahkan bukan tidak mungkin akan menggeser posisi perusahaan dalam waktu singkat akibat munculnya pesaing baru yang lebih agresif. Seperti halnya dalam bidang penerbitan media cetak munculnya banyak media cetak baru dengan keunggulan-keunggulan tertentu tentunya akan mempengaruhi perilaku pembelian konsumen dan berpotensi untuk merebut pelanggan media cetak lain. Demikian halnya dengan Jawa Pos yang merupakan salah satu perusahaan penerbit surat kabar/koran terkemuka di Jawa Timur juga harus mencermati selera pasar mengingat sebagian besar masyarakat masih menjadikan koran sebagai alternatif untuk mendapatkan informasi terkini sehari-hari. Maka dari itu Jawa Pos melakukan berbagai strategi agar pelanggan yang sudah ada berubah menjadi konsumen yang loyal dan menarik minat konsumen baru dengan memberikan keunggulan dalam kualitas produk yang melekat pada koran Jawa Pos yang diberlakukan untuk periode waktu tertentu dan akan berubah sesuai kondisi persaingan yang sudah ada. Maka penulis tertarik untuk mengambil judul Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Koran Jawa Pos di Wilayah Kecamatan Lowokwaru Malang) . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kualitas produk yang terdiri dari kinerja produk (performance) keistimewaan produk (features) keandalan produk (reliability) kemampulayanan produk (serviceability) serta persepsi kualitas produk (perceived quality) secara parsial terhadap loyalitas pelanggan koran Jawa Pos di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (2) pengaruh kualitas produk yang terdiri dari kinerja produk (performance) keistimewaan produk (features) keandalan produk (reliability) kemampulayanan produk (serviceability) serta persepsi kualitas produk (perceived quality) secara simultan terhadap loyalitas pelanggan koran Jawa Pos di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (3) Unsur kualitas produk yang dominan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan koran Jawa Pos di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner yang kemudian hasilnya dianalisis melalui analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan tetap koran Jawa Pos yang berlangganan pada agen Jawa Pos di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling. Jumlah populasi 3900 responden sedangkan jumlah sampel sebesar 100. Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh kualitas produk yang terdiri dari kinerja produk (performance) keistimewaan produk (features) keandalan produk (reliability) kemampulayanan produk (serviceability) serta persepsi kualitas produk (perceived quality) secara parsial terhadap loyalitas pelanggan koran Jawa Pos di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Hal ini dibuktikan dengan pengaruh kinerja produk terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai thitung ttabel yaitu 2 662 1 980 dan nilai signifikansi t 0 009 8804 0 05 pengaruh keistimewaan produk terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai thitung ttabel yaitu 2 374 1 980 dan nilai signifikansi t 0 020 8804 0 05 pengaruh keandalan produk terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai thitung ttabel yaitu 2 061 1 980 dan nilai signifikansi t 0 042 8804 0 05 pengaruh kemampulayanan produk terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai thitung ttabel yaitu 2 430 1 980 dan nilai signifikansi t 0 017 8804 0 05 dan pengaruh persepsi kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai thitung ttabel yaitu 2 282 1 980 dan nilai signifikansi t 0 025 8804 0 05. Berdasarkan nilai Fhitung sebesar 22 284 dengan tingkat signifikansi 0 000 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kualitas produk yang terdiri dari kinerja produk (performance) keistimewaan produk (features) keandalan produk (reliability) kemampulayanan produk (serviceability) serta persepsi kualitas produk (perceived quality) secara simultan terhadap loyalitas pelanggan koran Jawa Pos di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Diketahui pula bahwa nilai adjusted R Square sebesar 0 518 atau 51 8%. Dapat diartikan bahwa variabel kualitas produk dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan koran Jawa Pos adalah sebesar 51 8% dan sisanya sebesar 48 2% dipengaruhi hal-hal lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Misalnya kualitas layanan atribut produk kepuasan aspek psikologis dan lain-lain yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diketahui pula bahwa unsur kualitas produk yang dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan koran Jawa Pos di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang adalah kinerja produk. Berdasarkan temuan di atas saran yang dapat diberikan peneliti bagi pihak Jawa Pos-Radar Malang hendaknya lebih memperhatikan unsur kinerja produk yang meliputi penyajian headline keaktualitasan berita keragaman berita dan keakuratan berita. Dikarenakan kinerja produk merupakan unsur yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan koran Jawa Pos. Maka dari itu disarankan agar Jawa Pos-Radar Malang dapat selalu menjaga kualitas produk dan unsur-unsur yang terkandung didalamnya sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan loyalitas. Disamping juga menambah porsi pemberitaan lokal mengurangi space iklan dan tidak menaikkan harga. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya Hendaknya peneliti selanjutnya dapat menggali variabel-variabel baru selain kinerja produk keistimewaan produk keandalan produk kemampulayanan produk dan persepsi kualitas produk yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan misalnya variabel kualitas layanan atribut produk kepuasan aspek psikologis dan beberapa variabel lain yang dapat dijadikan temuan baru dalam penelitian selanjutnya. Peneliti yang akan datang juga diharapkan lebih selektif dalam memilih teknik pengambilan sampel agar sampel yang diperoleh dapat mewakili populasi secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30290

Actions (login required)

View Item View Item