Pengaruh similar name packaging terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk oreo dan rodeo (studi terhadap perilaku konsumen di Indomaret Jl. Raya Singosari No. 1 Malang) / Murtinah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh similar name packaging terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk oreo dan rodeo (studi terhadap perilaku konsumen di Indomaret Jl. Raya Singosari No. 1 Malang) / Murtinah

Murtinah (2009) Pengaruh similar name packaging terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk oreo dan rodeo (studi terhadap perilaku konsumen di Indomaret Jl. Raya Singosari No. 1 Malang) / Murtinah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Banyak produk beredar di pasar memiliki kemasan (warna bentuk simbol logo) yang mirip satu dengan yang lainnya. Satu merek mungkin menjadi pemimpin pasar sedangkan lainnya adalah pengikut (follower). Meskipun hanya meniru produk bukan berarti market follower menjalankan usaha tanpa suatu strategi apapun. Perusahaan market follower juga perlu mempertahankan konsumennya dan memperoleh tambahan pelanggan. Strategi similar name hampir sama dengan me-too product yaitu pesaing ingin menciptakan suatu citra produk yang hampir sama atau mirip dengan produk dari pemimpin pasar di mata konsumen. Dengan strategi ini diharapkan minimal konsumen melakukan perbandingan harga. Selain itu perusahaan mengharapkan agar konsumen berfikir bahwa produk yang mirip tersebut mempunyai rasa dan kualitas yang sama dan bahkan konsumen bisa berfikir bahwa produk tersebut merupakan turunan atau masih saudara dengan produk yang ditiru. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) pengaruh yang positif dan signifikan antara warna kemasan bentuk kemasan logo kemasan ukuran kemasan kualitas kemasan dan informasi penunjang secara parsial terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk Oreo dan Rodeo di Indomaret Jl Raya Singosari No. 1 Malang (2) pengaruh yang positif dan signifikan antara warna kemasan bentuk kemasan logo kemasan ukuran kemasan kualitas kemasan dan informasi penunjang secara simultan terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk Oreo dan Rodeo di Indomaret Jl Raya Singosari No. 1 Malang (3) Variabel similar name yang dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk Oreo dan Rodeo di Indomaret Jl Raya Singosari No.1 Malang. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner yang kemudian hasilnya dianalisis melalui analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli Oreo atau Rodeo di Indomaret Jl Raya Singosari No.1 Malang. Penelitian ini tergolong infinite population yaitu populasi yang jumlahnya tidak diketahui. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling dengan rumus Daniel Terrel sehingga didapatkan jumlah sampel sebesar 121. Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara similar name (warna bentuk logo kualitas dan informasi penunjang) dengan keputusan konsumen dalam membeli Oreo dan Rodeo di Indomaret Jl Raya Singosari No.1 Malang. Hal ini dibuktikan bahwa sub variabel warna kemasan mempunyai nilai thitung ttabel yaitu 3 453 1 980 atau dengan memperhatikan nilai signifikansi t 0 001 8804 0 05 untuk sub variabel bentuk kemasan mempunyai nilai thitung ttabel yaitu 4 038 1 980 atau dengan memperhatikan nilai signifikansi t 0 000 8804 0 05 untuk sub variabel logo kemasan mempunyai nilai thitung ttabel yaitu 5 050 1 980 atau dengan memperhatikan nilai signifikansi t 0 000 8804 0 05 untuk sub variabel kualitas kemasan mempunyai nilai thitung ttabel yaitu 4 249 1 980 atau dengan memperhatikan nilai signifikansi t 0 000 8804 0 05 untuk sub variabel informasi penunjang mempunyai nilai thitung ttabel yaitu 6 204 1 980 atau dengan memperhatikan nilai signifikansi t 0 000 8804 0 05. Tetapi ada satu sub variabel dari similar name yang tidak signifikan yaitu ukuran kemasan yang mempunyai nilai thitung ttabel yaitu 0 259 1 980 atau dengan memperhatikan nilai signifikansi t 0 796 8805 0 05. Secara simultan dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara similar name (warna bentuk logo ukuran kualitas dan informasi penunjang) dengan keputusan konsumen dalam membeli Oreo dan Rodeo di Indomaret Jl Raya Singosari No.1 Malang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung Ftabel yaitu 731 181 2 19 dengan tingkat signifikansi 0 000 yang berarti 8804 0 05. Diketahui pula bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0 973 yang artinya sebesar 97 3% keputusan konsumen dalam membeli produk Oreo dan Rodeo di Indomaret Jl Raya Singosari No.1 Malang dipengaruhi oleh variabel similar name dan sisanya sebesar 2 7% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain diluar penelitian. Berdasarkan hasil analisis tersebut juga diketahui bahwa variabel similar name yang dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli Oreo dan Rodeo di Indomaret Jl Raya Singosari No.1 Malang adalah informasi penunjang. Berdasarkan temuan di atas saran yang dapat diberikan peneliti bagi pihak PT Khong Guan Indonesia yang menaungi PT Serena Indopangan Bogor yang memproduksi produk Rodeo yaitu agar dapat melakukan inovasi atau bahkan menciptakan produk baru yang bisa menyaingi Oreo. Untuk PT Nabisco Foods Indonesia hendaknya melakukan inovasi dan diversifikasi pada produk Oreo baik dari segi rasa maupun dari kemasannya agar mempunyai ciri khas yang sulit ditiru oleh perusahaan lain. Saran untuk penelitian selanjutnya yang sejenis agar lebih berfokus pada variabel harga dan rasa dari produk Oreo dan Rodeo yang dihububungkan dengan keputusan konsumen dalam membeli produk Oreo dan Rodeo

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30279

Actions (login required)

View Item View Item