Pengaruh kualitas jasa terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada pelanggan jasa cuci kendaraan bermotor di UD. Mitra Olie Kabupaten Blitar) / Budi Prasetyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas jasa terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada pelanggan jasa cuci kendaraan bermotor di UD. Mitra Olie Kabupaten Blitar) / Budi Prasetyanto

Prasetyanto, Budi (2009) Pengaruh kualitas jasa terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada pelanggan jasa cuci kendaraan bermotor di UD. Mitra Olie Kabupaten Blitar) / Budi Prasetyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era over of supply saat ini semua perusahaan sulit untuk membentuk loyalitas pelanggan. Perusahaan semakin ketat bersaing. Berjalannya proses pemasaran menunjukkan arti penting dari suatu konsep pemasaran yang tak hanya teori dimana penyedia produk tak hanya berkutat pada target laba yang dihitung melalui rupiah maupun persentase pendapatan per-bulan. Diungkapkan Swa online (2006) ada tahap baru dalam pemasaran bahwa customer satisfaction is worthless customer loyalty is priceless . Karena memiliki pelanggan loyal menjadi prioritas dan strategi terdepan para pemasar apalagi kenyataannya program meretensi pelanggan dan membuat pelanggan loyal ternyata biayanya lebih murah dibanding membidik pelanggan baru yang biasanya menuntut keberadaan promosi agresif dengan biaya yang pasti mahal. Selain itu membangun loyalitas pelanggan berarti berurusan dengan pihak yang selama ini sudah jelas-jelas pernah menjadi pelanggan (existing customer). Dengan berkembangnya konsep kualitas jasa secara keseluruhan memiliki peluang yang menarik dimana dengan membangun kualitas jasa yang baik maka kita memiliki aset berharga yang mampu mendatangkan laba dalam hasil aktifitas pemasaran yaitu persepsi atas positioning suatu usaha. Namun itu belum cukup. Kualitas adalah suatu atribut prodak dari suatu usaha baik barang maupun jasa yang mampu mempengaruhi pengalaman pelanggan. Pengalaman yang baik maka akan ada daya tarik yang sangat kuat untuk membuat keputusan membeli menjadi lebih cepat dan dengan lebih yakin namun hal ini belum tentu membuktikan bahwa mereka loyal pada jasa. Hanya loyalitas pelanggan yang mampu mendatangkan keuntungan lebih dari jasa anda dengan loyalitas pelanggan anda akan terhindar dari biaya-biaya besar untuk menjaga pelanggan dari pesaing. Kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor yang sering dipakai senantiasa diharapkan senantiasa bersih sehingga dalam pengguna kendaraan tersebut nyaman. Mencuci kendaraan bermotor bisa dilakukan sendiri pemilik atau pemakai kendaraan. Namun saat pemilik atau pemakai kendaraan tersebut tidak punya waktu luang untuk mencuci sendiri disini peran penyedia 2 jasa cuci kendaraan sangat dibutuhkan untuk membantu menjadikan kendaraan bermotor jadi bersih. Usaha semacam ini sudah cukup banyak macamnya mulai dari konvensional semi otomatis dan dengan memakai mesin pencuci otomatis atau car wash machine. Keuntungan mengkilap dari mobil mengkilap mengungkap banyak jenis pelayanan yang ditawarkan untuk membersihkan dan membuat kendaraan anda mengkilap. Bengkel jasa cuci kendaraan bermotor dibutuhkan bagi mereka yang ingin praktis dalam mencuci kendaraannya maka bengkel proses pencucian kendaraan tersebut berperan sebagai tempat konsumen mengevaluasi diri dari informasiinformasi atas beragam produk untuk memenuhi kebutuhannya. Segala aspek dalam kualitas jasa yang diwakili interaksi lingkungan fisik dan hasil. Aspekaspek tersebut merupakan suatu yang tidak bisa dipisahkan oleh penyedia jasa dalam memenuhi kebutuhannya sehingga cukup mempu membuat persepsi pelanggan terhadap kualitas jasa dan bagaimana loyalitas pelanggan akan dapat tercapai dengan mengelola aspek-aspek tersebut. Untuk memberikan jasa yang baik sehingga mampu menjadikan pelanggan loyal dalam memanfaatkan jasa cuci kendaraan bermotor di UD. Mitra Olie Blitar maka pengelola harus memahami manfaat pengelolaan kualitas jasa yang meliputi faktor kualitas interaksi kualitas lingkungan fisik dan kualitas hasil sebagai suatu faktor penting untuk bersaing dengan penyedia jasa cuci kendaraan bermotor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30278

Actions (login required)

View Item View Item