Pengaruh ekuitas merek (brand equity) terhadap proses pengambilan keputusan pembelian konsumen di dealer Yamaha Blimbing Motor / Achmad Farizka - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh ekuitas merek (brand equity) terhadap proses pengambilan keputusan pembelian konsumen di dealer Yamaha Blimbing Motor / Achmad Farizka

Farizka, Achmad (2009) Pengaruh ekuitas merek (brand equity) terhadap proses pengambilan keputusan pembelian konsumen di dealer Yamaha Blimbing Motor / Achmad Farizka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ekuitas merek (brand equity) merupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap proses pengambilan keputusan pembelian konsumen. Hal ini disebabkan ekuitas merek (brand equity) merupakan keseluruhan penghargaan terhadap merek dari sudut pandang/ perspekstif konsumen apabila ekuitas merek positif maka akan menjadi aset perusahaan dan apabila negatif maka menjadi kewajiban (liabilitas) perusahaan yaitu mengeluarkan biaya untuk memperbaiki ekuitas merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yaitu ekuitas merek (brand equity) terhadap variabel terikat proses pengambilan keputusan pembelian konsumen di Dealer Yamaha Blimbing Motor. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kausalitas (sebab akibat) dimana variabel bebas yang terdiri dari kesadaran merek/brand awareness (X1) asosiasi merek/brand association (X2) persepsi kualitas/perceived quality (X3) dan loyalitas merek/brand loyality (X4) mempengaruhi variabel terikat proses pengambilan keputusan pembelian konsumen di Dealer Yamaha Bilmbing Motor (Y). Pengambilan sampel dilakukan pada konsumen dan pembeli yang ada di Dealer Yamaha Blimbing Motor. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah dibagi menjadi dua yaitu data primer yang berasal dari hasil jawaban responden terhadap kuisioner dan data sekunder berasal dari Dealer Yamaha Blimbing Motor dan sumber- sumber lain yang sesuai. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini adalah tedapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel bebas yang terdiri dari kesadaran merek asosiasi merek persepsi kualitas dan loyalitas merek secara parsial terhadap proses pengambilan keputusan pembelian konsumen di Dealer Yamaha Blimbing Motor. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-T sebagai berikut nilai T-hitung variabel kesadaran merek (4 798) T-tabel (2 776) nilai T-hitung variabel asosiasi merek (3 008) T-tabel (2 776) nilai T-hitung variabel persepsi kualitas (4 364) T-tabel (2 776) nilai T-hitung loyalitas merek (4 795) T-Tabel (2 776). Hasil penelitian berikutnya adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel bebas yang terdiri dari kesadaran merek asosiasi merek persepsi kualitas loyalitas merek terhadap proses pengambilan keputusan pembelian konsumen di Dealer Yamaha Blimbing Motor secara simultan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji F-hitung sebesar 29 026 dan P-value yang kurang dari 0 05 pada tingkat kepercayaan sebesar 95% (nilai 945 0 05) serta nilai adjusted R2sebesar 0 531 Penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan bagi Blimbing Motor untuk terus memelihara dan meningkatkan kondisi ekuitas mereknya yang sudah sangat baik melalui strategi pemasaran yang efektif dan konsisten.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30274

Actions (login required)

View Item View Item