Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen produk ponsel Nokia (studi pada mahasiswa program S-1 non kependidikan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Wina Piskawidya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen produk ponsel Nokia (studi pada mahasiswa program S-1 non kependidikan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Wina Piskawidya

Wina Piskawidya (2009) Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen produk ponsel Nokia (studi pada mahasiswa program S-1 non kependidikan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Wina Piskawidya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persoalan kualitas produk dan kepuasan konsumen kini semakin menjadi hal yang penting dan genting bagi perusahaan. Oleh karena itu perusahaan harus membangun sistem manajemen kualitas produk mengidentifikasikan kesenjangan-kesenjangan yang mungkin terjadi serta pengaruhnya bagi kepuasan konsumen dan perilaku konsumen purnalayanan produk. Melalui pemahaman ini diharapkan perusahaan akan mampu mengeliminasi tuntutan konsumen dan mengoptimalkan kepuasan konsumen. Adapun data dalam penelitian ini adalah bersifat kuantitatif serta berjenis data ordinal. Populasinya adalah mahasiswa Program S1 Non Kependidikan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotionate random sampling. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kualitas produk yang dilakukan oleh ponsel Nokia yaitu (1) pengaruh kinerja produk terhadap kepuasan konsumen produk ponsel Nokia (2) pengaruh keistimewaan produk terhadap kepuasan konsumen produk ponsel Nokia (3) pengaruh keandalan produk terhadap kepuasan konsumen produk ponsel Nokia (4) pengaruh kemampulayanan produk terhadap kepuasan konsumen produk ponsel Nokia (5) pengaruh persepsi kualitas produk terhadap kepuasan konsumen produk ponsel Nokia (6) pengaruh kinerja produk keistimewaan produk keandalan produk kemampulayanan produk persepsi kualitas produk secara simultan terhadap kepuasan konsumen produk ponsel Nokia (7) dari kelima dimensi kualitas produk tersebut dimensi mana yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen produk ponsel Nokia. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) signifikansi t 0 05 maka dapat disimpulkan Ho yang berbunyi tidak ada pengaruh yang signifikan antara kinerja produk (X1) terhadap kepuasan konsumen (Y) produk ponsel nokia ditolak. Sedangkan Ha yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan antara kinerja produk (X1) terhadap kepuasan konsumen (Y) diterima (2) signifikansi t 0 05 maka dapat disimpulkan Ho yang berbunyi tidak ada pengaruh yang signifikan antara keistimewaan produk terhadap kepuasan konsumen ditolak sedangkan Ha yang berbunyi adanya pengaruh yang signifikan antara keistimewaan produk terhadap kepuasan konsumen diterima. (3) signifikansi t 0 000 0 05 maka Ho yangberbunyi tidak ada pengaruh yang signifikan antara kenadalan produk terhadap kepuasan konsumen ditolak sedangkan Ha yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan antara keandalan produk dan kepuasan konsumen diterima (4) signifikansi t 0 000 0 05 maka Ho yang berbunyi tidak ada pengaruh yang signifikan antara kemampulayanan produk terhadap kepuasan konsumen ditolak dan Ha yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan antara variabel kemampulayanan produk terhadap kepuasan konsumen diterima (5) signifikansi t 0 001 0 05 maka Ho yang berbunyi tidak ada pengaruh yang signifikan antara persepsi kualitas produk terhadap kepuasan konsumen ditolak dan Ha yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan antara variabel persepsi kualitas produk terhadap kepuasan konsumen diterima. Variabel yang berpengaruh dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen produk ponsel Nokia adalah kinerja produk (performance) dengan nilai sumbangan efektif (SE) sebesar 24 48% dengan taraf signifikansi 0 000. sedangkan kemampulayanan produk (serviceability) adalah varaibel yang paling lemah berpengaruh terhadap kepuasan konsumen produk ponsel Nokia dengan sumbangan efektif (SE) sebesar 12 33%. Berdasarkan pada penelitian yang telah diperoleh maka disarankan kepada Nokia corporation untuk (1) Dalam hal kinerja produk ponsel Nokia harus lebih ditingkatkan lagi. Utamanya dari sisi kejernihan/kenyaringan nada dering dan ketajaman/kejelasan layar/LCD ponsel Nokia yang sampai saat ini masih tersaingi oleh ponsel merek lain (2) Tingkat keandalan produk ponsel Nokia juga harus lebih ditingkatkan melihat terkadang masih terdapat kasus kegagalan (error) pada ponsel yang secara otomatis akan menghilangkan kepercayaan akan citra Nokia yang baik (3) Harga Nokia memang selalu di atas ponsel merek lain. Jika harga sesuai dengan kualitas tidak akan jadi masalah. Tapi penting juga bagi Nokia menetapkan harga yang bersaing utamanya bagi tipe-tipe yang serupa dengan fitur-fitur yang sama dengan ponsel merek lain (4) Terkadang juga masih terdapat masalah dalam hal penanganan keluhan konsumen (customer care) sehingga hal ini juga perlu ditingkatkan. Karena pelayanan purna jual sangat penting untuk mempertahankan retensi pembelian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30265

Actions (login required)

View Item View Item