Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan konsumen dalam memilih perusahaan jasa pengiriman barang (studi kasus pada PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir Pandaan, Kabupaten Pasuruan) / Ika Dhesi Kristanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan konsumen dalam memilih perusahaan jasa pengiriman barang (studi kasus pada PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir Pandaan, Kabupaten Pasuruan) / Ika Dhesi Kristanti

Ika Dhesi Kristanti (2009) Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan konsumen dalam memilih perusahaan jasa pengiriman barang (studi kasus pada PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir Pandaan, Kabupaten Pasuruan) / Ika Dhesi Kristanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan sektor jasa mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan waktu sebelumnya. Salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yang cukup eksis di Indonesia adalah PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR atau yang lebih dikenal dengan JNE. Untuk dapat bersaing dengan kompetitornya diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Salah satunya berkenaan dengan bauran pemasaran jasa yang diterapkannya. Bauran pemasaran jasa dalam penelitian ini terdiri dari tujuh elemen yaitu produk (product) harga (price) tempat (place) promosi (promotion) orang (people) proses (process) dan layanan konsumen (costumer service). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bauran pemasaran jasa serta keputusan pemilihan konsumen yang melakukan pengiriman barang di JNE Pandaan pengaruh bauran pemasaran jasa (X) baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan konsumen memilih perusahaan jasa pengiriman barang JNE Pandaan. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari produk (X1) harga (X2) tempat (X3) promosi (X4) orang (X5) proses (X6) dan layanan konsumen (X7) serta variabel terikatnya adalah keputusan pemilihan konsumen (Y). Jenis penilitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pengiriman barang di JNE Pandaan berjumlah 913 konsumen terhitung mulai bulan Januari sampai dengan April 2007. Penentuan sampel menggunakan rumus infinite population dengan 61537 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak 73 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Multy Stage Sampling. Tahapan pertama adalah purposive sampling dan tahap selanjutnya adalah accidental sampling untuk menyebarkan kuisioner pada responden. Kuesioner dalam penelitian ini termasuk dalam kuesioner tertutup menggunakan skala Likert dengan 5 alternatif jawaban. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) 47 responden (64 38%) menyatakan kurang setuju terhadap produk yang ditawarkan JNE Pandaan dengan nilai B1 - 0 035 nilai thitung - 0 474 dan nilai sig t 0 637 (2) 34 responden (46 56%) menyatakan kurang setuju terhadap harga (tarif) yang ditawarkan JNE Pandaan dengan nilai B2 0 083 nilai thitung 1 407 dan nilai sig t 0 164 (3) 41 responden (56 17%) menyatakan setuju terhadap tempat JNE Pandaan dengan nilai B3 0 496 nilai thitung 3 720 dan nilai sig t 0 000 (4) 43 responden (58 90%) menyatakan kurang setuju terhadap promosi yang dilakukan JNE Pandaan dengan nilai B4 0 080 nilai thitung 1 656 dan nilai sig t 0 102 (5) 36 responden (49 32%) menyatakan setuju terhadap orang (karyawan) JNE Pandaan dengan nilai B5 0 146 nilai thitung 3 217 dan nilai sig t 0 002 (6) 34 responden (46 56%) menyatakan kurang setuju terhadap proses yang dilakukan JNE Pandaan dengan nilai B6 0 423 nilai thitung 3 381 dan nilai sig t 0 001 (7) 30 responden (41 09%) menyatakan setuju terhadap layanan konsumen yang diberikan JNE Pandaan dengan nilai B7 0 009 nilai thitung 0 118 dan nilai sig t 0 906. Terdapat pengaruh secara signifikan tempat (X3) orang (X5) dan proses (X6) secara parsial terhadap keputusan konsumen dalam memilih perusahaan jasa pengiriman barang JNE Pandaan. Sedangkan tidak terdapat pengaruh secara sinifikan produk (X1) harga (X2) promosi (X4) layanan konsumen (X7) secara parsial terhadap keputusan konsumen dalam memilih perusahaan jasa pengiriman barang JNE Pandaan. Terdapat pengaruh produk (X1) harga (X2) tempat (X3) promosi (X4) orang (X5) proses (X6) dan layanan konsumen (X7) secara simultan terhadap keputusan konsumen dalam memilih perusahaan jasa pengiriman barang JNE Pandaan berdasarkan nilai Fhitung sebesar 29 120 dengan tingkat signifikansi 0 000. Sub variabel dari bauran pemasaran jasa yang dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam memilih perusahaan jasa pengiriman barang JNE Pandaan adalah tempat dengan nilai sumbangan efektif sebesar 17 56% selain itu diketahui Adjusted R2 0 732 yang berarti korelasi/ hubungan antar variabel bebas adalah kuat. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) mayoritas responden sebanyak 64 38% menyatakan kurang setuju terhadap produk yang ditawarkan JNE Pandaan (2) mayoritas responden sebanyak 46 56% menyatakan kurang setuju terhadap harga (tarif) yang ditawarkan JNE Pandaan (3) mayoritas responden sebanyak 56 17% menyatakan setuju terhadap tempat JNE Pandaan (4) mayoritas responden sebanyak 58 90% menyatakan kurang setuju terhadap promosi yang dilakukan JNE Pandaan (5) mayoritas responden sebanyak 49 32% menyatakan setuju terhadap orang (karyawan) JNE Pandaan (6) mayoritas responden sebanyak 46 56% menyatakan kurang setuju terhadap proses yang dilakukan JNE Pandaan (7) mayoritas responden sebanyak 41 09% menyatakan setuju terhadap layanan konsumen yang diberikan JNE Pandaan. Secara parsial ada pengaruh positif signifikan tempat proses dan layanan konsumen terhadap keputusan pemilihan konsumen. Sedangkan secara simultan ada pengaruh positif signifikan produk harga tempat promosi orang proses dan layanan konsumen terhadap keputusan pemilihan konsumen. Sedangkan sub variabel bauran pemasaran jasa yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pemilihan konsumen adalah tempat. Saran dalam penelitian ini adalah (1) Adanya standardisasi dalam layanan pengiriman barang yang variatif sehingga standar pelayanan yang diberikan di seluruh cabang JNE relatif sama sehingga akan menciptakan kepuasan konsumen (2) Perusahaan hendaknya menyesuaikan harga yang mahal dibanding perusahaan lokal sejenis dengan memberikan pelayanan yang berkualitas karena harga menjadi indikasi dari kualitas jasa suatu perusahaan (3) Promosi dilakukan dengan membuat situs di internet juga memasang brosur yang berisi segala informasi mengenai JNE Pandaan di tempat-tempat strategis (4) Layanan konsumen hendaknya juga disertai dengan memberikan jaminan keamanan barang baik keutuhan barang maupun keamanan saat pengiriman karena pembungkus barang seringkali sudah terbuka ketika sampai di tujuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30264

Actions (login required)

View Item View Item