Pengaruh faktor internal terhadap keputusan konsumen dalam membeli buku di toko buku Gramedia (studi pada toko buku Gramedia jalan Basuki Rahmad Malang) / Husnita Amini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor internal terhadap keputusan konsumen dalam membeli buku di toko buku Gramedia (studi pada toko buku Gramedia jalan Basuki Rahmad Malang) / Husnita Amini

Husnita Amini (2009) Pengaruh faktor internal terhadap keputusan konsumen dalam membeli buku di toko buku Gramedia (studi pada toko buku Gramedia jalan Basuki Rahmad Malang) / Husnita Amini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Untuk lebih menyukseskan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya pendidikan dan dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa maka pemerintah dengan gencar mencanangkan program gemar membaca. Malang sebagai kota pendidikan dimana banyak pelajar dan mahasiswa dari berbagai kota membuka banyak peluang untuk berdirinya toko-toko buku yang mengakibatkan timbulnya persaingan dalam dunia perdagangan khususnya antar pengusaha toko buku. Hal inilah yang mendorong para produsen dan pengusaha yang bergerak dalam bidang perdagangan perlu melakukan berbagai upaya promosi yang dapat menarik perhatian konsumen. Dalam rangka pengembangan strategi pemasaran maka peranan pengetahuan tentang perilaku konsumen adalah penting karena dapat memberikan gambaran yang lebih jelas kepada manajer untuk menguak peluang baru yang berasal dari belum terpenuhinya kebutuhan konsumen sehingga bagaimana cara mempengaruhi perilaku konsumen merupakan salah satu ketrampilan yang paling berharga bagi pemasar. Di sinilah letak seni dan menariknya mempelajari perilaku konsumen sehingga peneliti cenderung untuk melakukan penelitian terhadap perilaku konsumen yang dianggap sebagai salah satu indikator yang mengarahkan pada pembelian produk. Berdasarkan pada rumusan masalah yang ada maka dapat dikemukakan tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui pengaruh faktor motivasi terhadap keputusan pembelian buku di Toko Buku Gramedia Basuki Rahmad Malang (2) untuk mengetahui pengaruh faktor sikap terhadap keputusan pembelian buku di Toko Buku Gramedia Basuki Rahmad Malang (3) untuk mengetahui pengaruh faktor pengetahuan terhadap keputusan pembelian buku di Toko Buku Gramedia Basuki Rahmad Malang (4) untuk mengetahui pengaruh faktor kepribadian dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian buku di Toko Buku Gramedia Basuki Rahmad Malang (5) untuk mengetahui pengaruh faktor motivasi sikap pengetahuan serta kepribadian dan gaya hidup secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian buku di Toko Buku Gramedia Basuki Rahmad Malang (6) untuk mengetahui faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian buku di Toko Buku Gramedia Basuki Rahmad Malang. Dalam pengumpulan datanya penelitian ini menggunakan metode angket. Populasinya adalah pembeli buku di Toko Buku Gramedia Basuki Rahmad Malang selama bulan September 2007. Dengan populasi sebanyak 957 orang dengan menggunakan sampel sebanyak 10% (96 responden) menggunakan teknik accidental sampling. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pada hasil penelitian peneliti menggunakan analisis regresi linier berganda dengan ketentuan thitung ttabel. Dari hasil pengolahan data dapat diketahui bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan antara faktor motivasi terhadap keputusan pembelian buku di Toko Buku Gramedia Basuki Rahmad Malang sebesar 41% (2) ada pengaruh yang signifikan antara faktor sikap terhadap keputusan pembelian buku di Toko Buku Gramedia Basuki Rahmad Malang sebesar 26.1% (3) ada pengaruh yang signifikan antara faktor pengetahuan terhadap keputusan pembelian buku di Toko Buku Gramedia Basuki Rahmad Malang sebesar 37.7% (4) ada pengaruh yang signifikan antara faktor kepribadian dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian buku di Toko Buku Gramedia Basuki Rahmad Malang sebesar 48.9% (5) ada pengaruh yang signifikan antara faktor motivasi sikap pengetahuan serta kepribadian dan gaya hidup secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian buku di Toko Buku Gramedia Basuki Rahmad Malang sebesar 70% (6) faktor kepribadian dan gaya hidup mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan pembelian buku di Toko Buku Gramedia Basuki Rahmad Malang yaitu sebesar 48.9%. Dari hasil penelitian ini penulis dapat memberikan saran apabila dilakukan penelitian sejenis maka alangkah baiknya jika tidak hanya faktor-faktor internal (motivasi sikap pengetahuan serta kepribadian dan gaya hidup) melainkan faktor-faktor lainnya sehingga mendapatkan hasil yang lebih maksimal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30261

Actions (login required)

View Item View Item