Pengembangan indikator instrumen keterampilan sosial melalui video self assessment (vsa) pada permainan kasti siswa kelas viii smp laboratorium um / ALFREDO ADAM GUSTAVIAN - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan indikator instrumen keterampilan sosial melalui video self assessment (vsa) pada permainan kasti siswa kelas viii smp laboratorium um / ALFREDO ADAM GUSTAVIAN

Gustavian, Alfredo Adam (2023) Pengembangan indikator instrumen keterampilan sosial melalui video self assessment (vsa) pada permainan kasti siswa kelas viii smp laboratorium um / ALFREDO ADAM GUSTAVIAN. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan sosial merupakan upaya meningkatkan suatu pendekatan antar individu dengan melakukan interaksi komunikasi partisipasi dalam kelompok. Keterampilan sosial dalam mata pelajaran pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi sangat penting dan menjadi kewajiban guru untuk membantu siswa dalam menciptakan rasa keharmonisan antar makhluk sosial di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian keterampilan sosial yang dapat memudahkan guru dalam menilai berdasarkan bukti yang nyata. Penelitian ini mengadopsi metode Research and Development (R amp D) dengan menggunakan 7 langkah penelitian. Data kualitatif berupa reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan dari hasil wawancara guru SMP Laboratorium UM. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan sangat layak digunakan dan dapat mempermudah guru dalam menilai keterampilan sosial berdasarkan bukti yang nyata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Sep 2023 04:29
Last Modified: 26 Sep 2024 07:42
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/302601

Actions (login required)

View Item View Item