Alsabila, Dewa Alsabila (2023) Profil keterampilan motorik kasar dan status gizi siswa sekolah dasar negeri kelas bawah / Dewa Alsabila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan motorik dan status gizi merupakan komponen yang penting untuk diperhatikan. Kematangan keterampilan motorik dan status gizi akan berdampak baik pada prestasi anak. Pendidikan jasmani dirancangn dengan tujuan mengembangkan anak secara keseluruhan melalui aktivitas jasmani. Siswa Sekolah Dasar kelas bawah merupakan anak-anak dengan usia yang tergolong dalam tahapan usia the golden age sehingga merupakan usia ideal dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Kondisi pembelajaran secara daring akibat pandemi covid-19 berdampak pada minimnya aktivitas jasmani yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil tingkat keterampilan motorik kasar dan status gizi siswa Sekolah Dasar Negeri kelas bawah di gugus 3 Kecamatan Klojen Kota Malang. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan rancangan survei dan dianalisis menggunakan analisis persentase. Instrumen pada penelitian ini menggunakan Test of Gross Motor Development-2 (TGMD-2) dan Indeks Masa Tubuh. Hasil akhir analisis data pada kelompok laki-laki dengan jumlah 106 siswa menunjukan persentase terbesar keterampilan motorik kasar tergolong pada kriteria rata-rata dengan persentase 90 6% serta persentase terbesar status gizi tergolong pada kriteria normal dengan perserntase 60 4%. Pada kelompok perempuan dengan jumlah 110 siswa menunjukkan persentase terbesar keterampilan motorik kasar tergolong pada kriteria rata-rata dengan persentase 78 2% serta persentase terbesar status gizi tergolong pada kriteria normal dengan perserntase 64 5%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/302585 |
Actions (login required)
View Item |