Pengaruh faktor internal terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor Honda Supra (studi pada konsumen sepeda motor Honda Supra di wilayah Kelurahan Petamanan Kecamatan Bugul Kidul Pasuruan) / Isaac Muhammad - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor internal terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor Honda Supra (studi pada konsumen sepeda motor Honda Supra di wilayah Kelurahan Petamanan Kecamatan Bugul Kidul Pasuruan) / Isaac Muhammad

Isaac Muhammad (2009) Pengaruh faktor internal terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor Honda Supra (studi pada konsumen sepeda motor Honda Supra di wilayah Kelurahan Petamanan Kecamatan Bugul Kidul Pasuruan) / Isaac Muhammad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pertumbuhan konsumen sepeda motor akhir-akhir ini meningkat luar biasa. Di tengah-tengah himpitan krisis ekonomi berkepanjangan yang melanda negeri tercinta Indonesia banyak produsen sepeda motor yang berlomba-lomba dan bersaing untuk menjual dan meluncurkan produk-produk barunya salah satunya adalah Honda dengan produk Supranya. Sepeda motor Merek Honda telah lama berada di Indonesia dengan segala keunggulan yang dimilikinya Honda tetap mampu memenuhi kebutuhan alat transportasi roda dua yang tangguh irit dan ekonomis. Banyak Faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk barang dan jasa. Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah Faktor internal konsumen dimana faktor internal konsumen terdiri dari faktor pribadi dan faktor psikologis. Penelitian ini berupaya menjelaskan mengenai pengaruh faktor internal konsumen terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Honda Supra. Faktor Internal konsumen sebagai variabel bebas meliputi faktor pribadi dan faktor psikologis. Sedangkan keputusan pembelian merupakan variabel terikatnya. Data menggunakan skala Likert dengan 5 skala pengukuran yaitu Sangat setuju (5) setuju (4) ragu-ragu (3) tidak setuju (2) sangat tidak setuju (1). Untuk populasi pada penelitian ini tergolong tidak terhingga jumlahnya. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen yang memiliki sepeda motor merek Honda Supra di wilayah Kelurahan Petamanan Kecamatan Bugul Kidul Pasuruan. Sedangkan pengmbilan sampel berjumlah 75 responden. Tehnik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Analisis data dilakukan menggunakan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 12. Setelah melalui proses pengolahan data dan analisis regresi linier berganda diketahui hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Faktor pribadi menunjukkan signifikansi dibawah 0 05 dan nilai thitung X1 sebesar 4 742 lebih besar dari ttabel sebesar 1 933 dan nilai Standardized Coefficient Beta sebesar 0 412 (2) Faktor psikologis menunjukkan signifikansi dibawah 0 05 dan nilai thitung X1 sebesar 5 399 lebih besar dari ttabel sebesar 1 933 dan nilai Standardized Coefficient Beta sebesar 0 469. Untuk uji F didapatkan nilai Fhitung sebesar 42 970 lebih besar dari Ftabel sebesar 3 123 dengan signifikansi sebesar 0 000. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) ada pengaruh positif yang signifikan antara faktor pribadi terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Honda Supra di Wilayah Kelurahan Petamanan Kecamatan Bugul Kidul Pasuruan (2) ada pengaruh positif yang signifikan antara faktor psikologis terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Honda Supra di Wilayah Kelurahan Petamanan Kecamatan Bugul Kidul Pasuruan (3) ada pengaruh positif yang signifikan antara faktor pribadi dan psikologis secara simultan terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Honda Supra di Wilayah Kelurahan Petamanan Kecamatan Bugul Kidul Pasuruan (4) faktor psikologis merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Honda Supra di wilayah Kelurahan Petamanan Kecamatan Bugul Kidul Pasuruan. Saran yang dapat peneliti berikan adalah sebagai berikut (1) faktor pribadi merupakan variabel yang paling lemah dalam mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor Honda Supra di Wilayah Kelurahan Petamanan Kecamatan Bugul Kidul Pasuruan. Dalam hal ini konsumen perlu meningkatkan dan memperhatikan faktor pribadi dalam mengambil ataupun membuat keputusan dalam membeli sepeda motor merek Honda Supra di wilayah Kelurahan Petamanan Kecamatan Bugul Kidul Pasuruan agar kendaraan yang dipilih dapat sesuai dengan keinginan dari konsumen. (2) Dari hasil penelitian ini faktor psikologis merupakan faktor yang dominan dalam pengambilan keputusan bagi konsumen bila dibandingkan dengan faktor pribadi. Hal ini dapat terjadi karena kemungkinan konsumen menganggap bahwa faktor pribadi bukan sebagai faktor yang perlu untuk dipertimbangkan disini pihak produsen bisa lebih menarik minat konsumen melalui jalur faktor pribadi ini misalnya salah satunya dengan cara menawarkan cara pembelian secara kelompok dengan harga yang terjangkau dan menawarkan produk yang sesuai dengan tingkat pendapatan yang dimiliki seseorang agar supaya orang dengan berbagai tingkat pendapatan akan membeli sepeda motor merek Honda Supra yang sesuai dengan tingkat pendapatan mereka. (3) Faktor pribadi terdiri dari usia dan tahap siklus hidup pekerjaan dan lingkungan ekonomi gaya hidup serta kepribadian dan konsep diri sangat berhubungan antara yang satu dengan yang lain. Hal ini bila dapat dimanfaatkan oleh produsen dalam hal ini adalah pihak Honda maka akan dapat meningkatkan volume penjualan untuk merek Honda seperti misalnya untuk pekerjaan dan lingkungan ekonomi. Pekerjaan dan lingkungan ekonomi juga mempengaruhi pola konsumsi pemasar harus mampu memperhatikan kecenderungan penghasilan pribadi tabungan dan tingkat suku bunga sehingga pemasar dapat meletakkan harga produknya dengan tepat dan sesuai dengan kemampuan konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30255

Actions (login required)

View Item View Item