Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk shampoo mek Sunsilk (studi pada pengguna shampoo Sunsilk di Kota Jombang) / Agus Riadi Syaifuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk shampoo mek Sunsilk (studi pada pengguna shampoo Sunsilk di Kota Jombang) / Agus Riadi Syaifuddin

Agus Riadi Syaifuddin (2009) Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk shampoo mek Sunsilk (studi pada pengguna shampoo Sunsilk di Kota Jombang) / Agus Riadi Syaifuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam dunia pemasaran globalisasi berpengaruh terhadap konsumen yang berkembang sangat cepat. Konsumen saat ini menjadi semakin terdidik banyak menuntut dan memiliki posisi tawar menawar (bargaining position) yang semakin kuat. Persaingan di bidang pemasaran yang semakin kuat membuat pemasar saling bersaing untuk menjadi pemimpin pasar di bidang usahanya. Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan pemasar adalah promosi. Keberhasilan promosi sangat tergantung bagaimana seorang pemasar mengemas promosi sehingga promosi yang disampaikan oleh pemasar mengenai produk yang ditawarkan dapat mempengaruhi keputusan konsumen dan akhirnya akan menambah pemasukan perusahaan. Pemasar diharapkan mampu mendesain promosi agar tujuan promosi yaitu untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dapat tercapai. Pentingnya peran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam Membeli Produk Shampoo Merek Sunsilk (Studi pada Pengguna Shampoo Sunsilk di Kota Jombang) . Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi (X) yang terdiri dari iklan (X1) penjualan personal (X2) promosi penjualan (X3) dan hubungan masyarakat (X4) terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelian ini adalah konsumen yang membeli shampoo Sunsilk di kota Jombang pada bulan Agustus sampai Oktober 2007. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 140 responden. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket tertutup. Sedangkan analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji t dan F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh positif siginifikan bauran promosi (iklan penjualan personal promosi penjualan dan hubungan masyarakat) secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli shampoo Sunsilk di kota Jombang dan (2) Ada pengaruh positif signifikan bauran promosi (iklan penjualan personal promosi penjualan dan hubungan masyarakat) secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli shampoo Sunsilk di kota Jombang. Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat diberikan sehubungan dengan kesimpulan di atas adalah (1) Konsumen hendaknya lebih memahami promosi yang dilakukan Unilever agar dapat memahami jenis produk yang sesuai dengan kebutuhannya (2) Unilever sebagai produsen shampoo Sunsilk perlu mewaspadai penurunan efektivitas iklan (3) Penjual personal shampoo Sunsilk harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen (4) Unilever sebagai produsen shampoo Sunsilk harus bisa mempertahankan dan meningkatkan promosi penjualan (5) Unilever sebagai produsen shampoo Sunsilk harus meningkatkan partisipasinya dalam suatu kegiatan yang diselenggarakan di kota Jombang (6) Unilever sebagai produsen shampoo Sunsilk harus bisa mendesain promosi agar dapat mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar di pasar shampoo dan (7) Bagi peneliti lain terbuka peluang untuk menggambarkan model yang lebih baik dengan memperluas jumlah sampel dan lokasi penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30254

Actions (login required)

View Item View Item