Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian pakaian pada konsumen Matahari Departmen Store Malang Town Square (MATOS) / Vina Anggun Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian pakaian pada konsumen Matahari Departmen Store Malang Town Square (MATOS) / Vina Anggun Sari

Vina Anggun Sari (2008) Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian pakaian pada konsumen Matahari Departmen Store Malang Town Square (MATOS) / Vina Anggun Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan perusahaan karena pemasaran berhubungan langsung dengan konsumen. Pada dasarnya pengambilan keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen tidak hanya dipengaruhi oleh stimulus atau rangsangan dalam bentuk Marketing mix saja tetapi juga dipengaruhi oleh faktor budaya dan faktor psikologis. Apabila suatu kebutuhan tidak terpuaskan maka akan mendorong tindakan-tindakan dan aktivitan individu untuk merespon rangsangan dari luar untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Pencapaian kebutuhan tersebut akan menjadikan individu merasa puas. Keyakinan akan didapatkannya citra diri yang diinginkan dengan menggunakan suatu produk dan kepuasan yang didapatkan setelah penggunaan suatu produk akan direkomendasikan kepada keluarga selanjutnya. Maka dalam hal ini peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengarug faktor pikologis terhadap keputusan pembelian pakaian (studi pada pengunjung Matahari Department Store Malang Town Square) Penelitian ini merupakan deskriptif korelasional dengan pendekatan suvei yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis motivasi (X1) persepsi (X2) pembelajaran (X3) Sikap dan keyakinan (X4) terhadap keputusan pembelian baik secar parsial (sendiri-sendiri) atau simultan (bersama). Adapun populasi dalam penelitian ini adalah jumlah pembeli pakaian rata-rata tiap bulan yaitu 34.000 sedangkan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik accidental sampling. Analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda simultan serta melihat faktor yang paling dominant. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh signifikan antara motivasi terhadap keputusan pembelian.(2) ada pengaruh signifikan antara persepsi terhadap keputusan pembelian (3) ada pengaruh signifikan antara pembelajaran terhadap keputusan pembelian (4) ada pengaruh signifikan antara sikap dan keyakinan terhadap keputusan pembelian (5) ada pengaruh motivasi persepsi pembelajaran sikap dan keyakinan secara simultan terhadap keputusan pembelian (6) Sikap dan keyakinan merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pakaian di Matahari Department Store Malang Town Square. Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat diberikan sehubungan dengan kesimpulan di atas adalah (1) matahari tidak bisa mendikte (menentukan) faktor psiokologis konsumen dalam proses pengambilan keputusan akan tetapi Matahari bisa memberikan pengaruh yang positif. (2) perusahaan seharusnya lebih memperhatikan sisi psikologis konsumen karena telah terbukti faktor psikologis yang terdiri dari motivasi persepsi pembelajaran sikap dan keyakinan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pakaian. (3)Melihat kenyataan bahwa produsen tidak dapat mempengaruhi sikap dan keyakinan konsumen secara langsung terhadap produk hendaknya pemasar mengeluarkan produk yang sedang trend saat itu. (4) dengan adanya pengaruh paling dominan pada sikap dan keyakinan terhadap keputusan pembelian pada pakaian hendaknya perusahaan harus tetap menjaga kualitas produknya.(5) dengan adanya motivasi konsumen yang kuat terhadap produk pakaian hendaknya perusahaan lebih memperhatikan kepuasan dan loyalitas konsumen.(6) bagi peneliti selanjutnya diharapkan meneliti diharapkan meneliti variabel bebas lain seperti faktor budaya dan faktor sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30252

Actions (login required)

View Item View Item