Efektivitas penggunaan aplikasi Kahoot untuk meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar SMK - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan aplikasi Kahoot untuk meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar SMK

Romadloni, Muhammad Ihda Rizqi Syahri (2023) Efektivitas penggunaan aplikasi Kahoot untuk meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar SMK. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan di sekolah mengacu pada kurikulum 2013 terdapat mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai ilmu pengetahuan yang harus dikuasi peserta didik semua kompetensinya. Teknologi berfungsi sebagai alat bantu bagi pengguna atau siswa untuk membantu pembelajaran. Sehingga pada situasi masa kini guru diharapkan mampu menemukan ide, inovasi atau gagasan untuk mengembangkan media pembelajaran. Teknologi informasi yang semakin pesat dapat dimanfaatkan oleh guru dalam proses kegiatan belajar dan mengajar salah satunya melalui aplikasi Kahoot sebagai media pembelajaran serta dapat menjadi alat evaluasi pembelajaran. Kahoot merupakan salah satu media pembelajaran online yang berisikan kuis dan game. Tujuan pokok permainan ini adalah untuk menumbuhkan minat belajar peserta didik supaya mendapatkan pengetahuan dan mendorong peserta didik untuk selalu belajar sehingga prestasinya menjadi lebih baik. Efektivitas penggunaan aplikasi kahoot untuk meningkatkan minat belajar serta prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran komputer dan jaringan dasar akan menjadi topik penelitian dan peneliti mengkaji hal tersebut di SMK Islam Krembung. Penelitian ini disusun melalui pendekatan kuantitatif dengan metode Pretest-Posttest Control Group design. Sampel yang dipilih yakni dua kelas jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Kelas X TKJ 1 berperan sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 2 berperan sebagai kelas kontrol. Tindakan evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi kahoot dalam mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X di SMK Islam Krembung terlaksana dengan baik. Pada kegiatan evaluasi pembelajaran memanfaatkan aplikasi kahoot respon peserta didik sangat antusias dalam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:24
Last Modified: 06 Jul 2023 03:24
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3025

Actions (login required)

View Item View Item