Pengaruh penempatan (positioning) produk terhadap citra produk (studi pada pengguna kartu handphone simPATI di Kota Blitar) / Chandra Yudha Adhi Purnama Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penempatan (positioning) produk terhadap citra produk (studi pada pengguna kartu handphone simPATI di Kota Blitar) / Chandra Yudha Adhi Purnama Putra

Chandra Yudha Adhi Purnama Putra (2009) Pengaruh penempatan (positioning) produk terhadap citra produk (studi pada pengguna kartu handphone simPATI di Kota Blitar) / Chandra Yudha Adhi Purnama Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mengingat semakin berkembangnya kemajuan teknologi di era globalisasi seperti sekarang ini perusahaan dituntut untuk dapat bertahan dan bersaing didunia bisnisnya. Salah satu bentuk usaha yang dapat dilakukan agar mampu bersaing adalah dengan menerapkan suatu penempatan (positioning) antara produk suatu perusahaan dengan perusahaan lain. Dengan melakukan penempatan (positioning) produk suatu produk akan membentuk citra produk tertentu di benak konsumen. Dalam usahanya untuk mampu bersaing dengan membentuk citra produk yang baik di benak konsumen membuat PT. Telkomsel juga melakukan penempatan (positioning) produk yang meliputi atribut produk harga dan kualitas produk penggunaan produk pesaing produk dan manfaat produk. Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan pengaruh penempatan (positioning) produk terhadap citra produk pada pengguna kartu handphone simPATI di Kota Blitar. Subyek penelitian ini adalah penempatan (positioning) produk terhadap citra produk pada pengguna kartu handphone simPATI di Kota Blitar. Variabel independent (X) pada penelitian ini adalah atribut produk (X1) harga dan kualitas produk (X2) penggunaan produk (X3) pesaing produk (X4) manfaat produk (X5). Sedangkan variabel dependent (Y) dalam penelitian adalah citra produk. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna kartu handphone simPATI di Kota Blitar yang berjumlah 332.000 pelanggan. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan berbagai tahap. Tahapan pertama adalah area sampling kemudian diikuti dengan proportional sampling untuk menentukan jumlah sampel yang diambil dari masing-masing tempat penelitian. Tahap terakhir adalah accidental sampling untuk menyebarkan kuesioner kepada responden. Kuesioner dalam penelitian ini termasuk dalam kuesioner tertutup menggunakan skala Likert 4 tingkat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dokumentasi dan wawancara. Untuk menguji kelayakan instrumen dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan sampel uji coba berjumlah 30 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik. Proses pengolahan data menggunakan software SPSS for Windows 13 00. Setelah melalui proses analisis data diketahui hasil penelitian yang menyatakan 1) (B) 0 237 nilai thitung 2 725 ttabel 1 987 signifikansi t 0 008 SE 7 3 % membuktikan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan variabel atribut produk terhadap citra produk kartu handphone simPATI di Kota Blitar 2) (B) 0 163 nilai thitung 2 641 ttabel 1 987 signifikansi t 0 010 SE 6 9 % membuktikan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan variabel harga dan kualitas produk terhadap citra produk kartu handphone simPATI di Kota Blitar 3) (B) 0 276 nilai thitung 3 219 ttabel 1 987 signifikansi t 0 002 SE 9 9 % membuktikan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan variabel penggunaan produk terhadap citra produk kartu handphone simPATI di Kota Blitar 4) (B) 0 269 nilai thitung 2 958 ttabel 1 987 signifikansi t 0 004 SE 8 5 % membuktikan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan variabel pesaing produk terhadap citra produk kartu handphone simPATI di Kota Blitar 5) (B) 0 454 nilai thitung 6 958 ttabel 1 987 signifikansi t 0 000 SE 33 9 % membuktikan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan variabel manfaat produk terhadap citra produk kartu handphone simPATI di Kota Blitar. 6) nilai B1 0 237 B2 0 163 B3 0 276 B4 0 269 B5 0 454 nilai F 91 413 signifikansi F 0 000 dan nilai Ftabel 2 324 membuktikan bahwa seluruh variabel independent X1 X2 X3 X4 X5 berpengaruh secara simultan terhadap citra produk kartu handphone simPATI di Kota Blitar 7) variabel dominan yang mempengaruhi citra produk kartu handphone simPATI di Kota Blitar adalah variabel manfaat produk dengan nilai Sumbangan Efektif sebesar 33 9%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) terdapat pengaruh positif yang signifikan variabel atribut produk terhadap citra produk kartu handphone simPATI di Kota Blitar 2) terdapat pengaruh positif yang signifikan variabel harga dan kualitas produk terhadap citra produk kartu handphone simPATI di Kota Blitar 3) terdapat pengaruh positif yang signifikan variabel penggunaan produk terhadap citra produk kartu handphone simPATI di Kota Blitar 4) terdapat pengaruh positif yang signifikan variabel pesaing produk terhadap citra produk kartu handphone simPATI di Kota Blitar 5) terdapat pengaruh positif yang signifikan variabel manfaat produk terhadap citra produk kartu handphone simPATI di Kota Blitar 6) dari kelima variabel yaitu atribut produk harga dan kualitas produk penggunaan produk pesaing produk dan manfaat produk secara simultan mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap citra produk kartu handphone simPATI di Kota Blitar 7) variabel dominan yang mempengaruhi citra produk kartu handphone simPATI di Kota Blitar adalah variabel manfaat produk Saran dari penelitian ini adalah 1) aspek atribut produk perusahaan hendaknya memberikan kemasan kartu perdana yang lebih menarik konsumen dan berbeda dengan kemasan-kemasan pesaing lainnya 2) harga dan kualitas produk perusahaan hendaknya menentukan kebijakan harga yang dapat dijangkau seluruh lapisan masyarakat dan kualitas produk yang lebih baik dari pesaing lainnya 3) penggunaan produk perusahaan seharusnya memperluas jaringan ke daerah yang belum terjangkau 4) pesaing produk perusahaan menambah anggaran untuk kegiatan promosi agar produk simPATI lebih banyak dikenal masyarakat 5) manfaat produk perusahaan hendaknya memberikan kemudahan dalam berbagai pelayanan dan fasilitas berkomunikasi kepada konsumen 6) sehubungan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara atribut produk harga dan kualitas produk penggunaan produk pesaing produk dan manfaat produk terhadap citra produk kartu handphone simPATI di Kota Blitar. Hendaknya perusahaan mempertahankan strategi positioning yang terbentuk saat ini dan memperkuat lagi posisi produk di benak konsumen agar produk kartu handphone simPATI tetap menempati posisi sebagai market leader.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30249

Actions (login required)

View Item View Item