Pengaruh citra toko terhadap loyalitas konsumen (studi pada Bhirawa Sports Batu) / Pungky Rusma Dwianto

Pungky Rusma Dwianto (2009) Pengaruh citra toko terhadap loyalitas konsumen (studi pada Bhirawa Sports Batu) / Pungky Rusma Dwianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bertambahnya jumlah penduduk dari tahun ke tahun mengakibatkan semakin ketatnya persaingan di semua bidang. Salah satunya adalah ketatnya persaingan dalam bidang pemasaran. Ketatnya persaingan dalam bidang pemasaran dan semakin banyaknya kebutuhan konsumen saat ini, membuat para produsen harus jeli dalam mencari peluang usaha. Tantangan untuk mempunyai strategi persaingan yang lebih baik tidak bisa lagi dielakkan. Hal ini sangat penting untuk dimiliki suatu perusahaan, karena strategi ini digunakan untuk dapat menarik perhatian konsumen yang pada akhirnya nanti berujung pada pembelian serta pembelian kembali produk yang ditawarkan oleh produsen. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran obyektif tentang: (1) pengaruh citra toko (retail service, merchandise, suasana dan promosi toko) secara parsial terhadap loyalitas konsumen Bhirawa Sports Batu, (2) pengaruh citra toko (retail service, merchandise, suasana dan promosi toko) secara simultan terhadap loyalitas konsumen Bhirawa Sports Batu, (3) variabel yang dominan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen Bhirawa Sports Batu. Penelitian ini menggunakan dua buah variabel, yaitu variabel bebas (X) citra toko yang terdiri dari retail service (X1), merchandise (X2), suasana (X3) dan promosi toko (X4). Sedangkan variabel terikatnya (Y) yaitu loyalitas konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang yang membeli produk (konsumen) di Bhirawa Sport Batu. Jumlah populasi yang ada tidak diketahui secara pasti karena itu besarnya sampel yang diambil tersebut di atas ditentukan dengan menggunakan rumus dari Daniel & Terrel dan diperoleh hasil sebanyak 73 responden. Instrumen atau alat pengumpul data yang digunakan berupa kuesioner atau berupa angket tertutup. Hasil penelitian melalui proses pengolahan data diperoleh: (1) 1 = 0,247, nilai thitung = 2,320, nilai Sig t = 0,026 dan SE = 7,29%, membuktikan bahwa pada peluang kesalahan 5%, maka secara parsial variabel Retail service memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas konsumen. (2) 2 = 0,218, nilai thitung = 2,071, nilai Sig t = 0,042 dan SE = 5,86% membuktikan bahwa pada peluang kesalahan 5%, maka secara parsial variabel Merchandise memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas konsumen. (3) 3 = 0,272, nilai thitung = 3,218, nilai Sig t = 0,002 dan SE = 13,25% membuktikan bahwa pada peluang kesalahan 5%, maka secara parsial variabel Suasana memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas konsumen. (4) 4 = 0,614, nilai thitung = 6,305, nilai Sig t = 0,000 dan SE = 46,38% membuktikan bahwa pada peluang kesalahan 5%, maka secara parsial variabel promosi toko memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas konsumen (5) Adjusted R square = 0,817, nilai Fhitung = 81,574, dan Sig F = 0,000 membuktikan bahwa pada peluang kesalahan 5%, maka secara simultan variabel Retail service, Merchandise, Suasana dan Promosi toko memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas konsumen. (6) Variabel Promosi toko (X4) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian konsumen karena mempunyai nilai β terbesar yaitu 0,614 dan nilai SE (Sumbangan Efektif) terbesar yaitu 46,38%. Saran-saran yang dapat dikemukakan sehubung dengan hasil penelitian yang telah diperoleh adalah (1) Pada penelitian ini variabel Promosi toko merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen Bhirawa Sports Batu, hal ini harus menjadi perhatian perusahaan untuk dapat termotivasi membuat perusahaan lebih baik lagi, dengan cara lebih memaksimalkan penggunaan alat-alat bauran promosi yang ada, diharapkan dengan adanya promosi yang baik maka akan dapat menimbulkan citra yang baik dalam diri konsumen terhadap toko sehingga akan berujung pada loyalitas konsumen (2) Variabel Merchandise dalam penelitian ini merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling kecil terhadap loyalitas konsumen Bhirawa Sports Batu, hal ini perlu perhatian khusus dari perusahaan supaya produk dari Bhirawa Sports Batu dapat diminati para konsumen dan konsumen potensial, melalui perbaikan dan peningkatan kualitas, penambahan keragaman kategori serta ketersediaan item (3) Berdasarkan penelitian ini terbukti bahwa ada faktor lain yang mempengaruhi loyalitas konsumen, untuk itu Bhirawa Sports Batu perlu melakukan research terhadap konsumen tentang kelemahan yang dimilikinya sehingga Bhirawa Sports Batu akan mengetahui keluhan-keluhan dari konsumen dan dapat melakukan perbaikan-perbaikan yang seharusnya dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30248

Actions (login required)

View Item View Item