Pengaruh pengetahuan konsumen tentang status merek pionir terhadap sikap konsumen pada sepeda motor merek Honda (studi pada siswa Menengah Atas Negeri 1 Kota Batu) / Chandra Kusuma Arta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengetahuan konsumen tentang status merek pionir terhadap sikap konsumen pada sepeda motor merek Honda (studi pada siswa Menengah Atas Negeri 1 Kota Batu) / Chandra Kusuma Arta

Chandra Kusuma Arta (2009) Pengaruh pengetahuan konsumen tentang status merek pionir terhadap sikap konsumen pada sepeda motor merek Honda (studi pada siswa Menengah Atas Negeri 1 Kota Batu) / Chandra Kusuma Arta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Untuk memenangkan persaingan yang sangat ketat di pasar sebuah merek harus mengeluarkan semua keunggulan yang dimilikinya. Salah satunya yaitu status merek pionir (pioneer-status). Dalam pemasaran sikap merupakan salah satu topik yang dibahas dalam perilaku konsumen dan sering diteliti. Dengan mengetahui sikap dapat dibuat suatu prediksi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi sikap tersebut sehingga sesuai dengan keinginan pelaku usaha demi memenangkan persaingan. Penelitian ini berusaha untuk mencari menjelaskan pengaruh pengetahuan konsumen tentang status merek pionir terhadap sikap konsumen pada sepeda motor merek Honda. Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengetahuan konsumen dengan subvariabel pengetahuan konsumen tentang status merek pionir (X) sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah sikap konsumen pada sepeda motor merek Honda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 1 Batu yang menggunakan sepeda motor yang jumlahnya sebanyak 142 siswa. Siswa Sekolah Menengah Atas yang berusia antara 15-18 tahun merupakan salah satu dari target pasar yang dibidik oleh para produsen sepeda motor. Hal ini dilakukan karena pasar remaja ini sangat besar. Konsumen pada kalangan ini juga mempunyai tingkat pengetahuan produk yang relatif tinggi sehingga hal ini penting bagi para produsen sebagai landasan dalam menerapkan taktik dan strategi pemasaran. Pengetahuan tentang status merek pionir ini menjadi penting karena konsumen seringkali melakukan generalisasi terhadap merek pionir dan pengikut. Pengetahuan konsumen tentang status merek mampu mempengaruhi sikap konsumen. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sebagian siswa SMAN 1 Batu yang menggunakan sepeda motor yaitu sebanyak 100 responden. Penentuan jumlah sampel tersebut berdasarkan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif uji beda mean dua sampel independen dan regresi sederhana dengan menggunkan bantuan program komputer SPSS for Windows seri 13.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) konsumen memiliki sikap yang positif pada sepeda motor merek Honda (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara konsumen yang mengetahui dengan konsumen yang tidak mengetahui status merek pionir terhadap sepeda motor merek Honda dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan konsumen tentang status merek pionir terhadap sikap konsumen pada sepeda motor merek Honda. Saran yang dapat dikemukakan berkaitan dengan temuan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pengetahuan konsumen tentang status merek pionir hanya berpengaruh sebesar 23% terhadap sikap konsumen pada sepeda motor merek Honda sedangkan faktor-faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini sebesar 77%. Jadi dalam penelitian-penelitian selanjutnya perlu diadakan riset tentang faktor-faktor lain tersebut yang mempengaruhi sikap konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30244

Actions (login required)

View Item View Item