Studi tentang hasil warna dan ketahanan luntur warna pewarnaan alami daun kelor / Arlina Ayunitasari</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang hasil warna dan ketahanan luntur warna pewarnaan alami daun kelor / Arlina Ayunitasari</p>

Ayunitasari, Arlina Ayunitasari (2023) Studi tentang hasil warna dan ketahanan luntur warna pewarnaan alami daun kelor / Arlina Ayunitasari</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kelor merupakan tumbuhan yang banyak dijumpai sebagai pagar hidup pekarangan ataupun kebun. Beberapa masyarakat memanfaatkan daun muda dari tanaman kelor untuk sayur sedangkan daun yang sudah tua hanya dibuang dan menjadi limbah. Penelitian ini memanfaatkan limbah daun kelor sebagai pewarna alami menggunakan fiksator jeruk nipis baking soda dan asam asetat. Daun kelor digunakan sebagai pewarna alami karena mengandung klorofil dengan konsentrasi tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil pencelupan ektraksi daun kelor dengan berbagai jenis fiksator ditinjau dari hasil warna dan ketahanan luntur warna terhadap pencucian sabun dan sinar matahari. Metode eksperimen dengan analisis data deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Hasil eksperimen ini menyatakan bahwa pewarnaan alami daun kelor tanpa fiksator menghasilkan warna olive. Pewarnaan alami daun kelor menggunakan fiksator jeruk nipis baking soda dan asam asetat menghasilkan warna lemon ginger brown. Hasil uji luntur pencucian sabun pada sampel tanpa fiksator menggunakan fiksator jeruk nipis dan fiksator asam asetat bernilai 4 dengan kategori baik yang artinya daya mengikat warna kuat. Sedangkan hasil uji tahan luntur warna sinar matahari menggunakan fiksator baking soda bernilai 4-5 dengan kategori baik yang artinya daya mengikat warna kuat. Hasil uji tahan luntur sinar matahari pada sampel tanpa fiksator menggunakan fiksator baking soda dan fiksator asam asetat bernilai 2 dengan kategori kurang yang artinya daya mengikat warna kurang. Sedangkan hasil uji tahan luntur sinar matahari menggunakan fiksator jeruk nipis bernilai 2-3 dengan kategori kurang yang artinya daya mengikat warna kurang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/302378

Actions (login required)

View Item View Item