Pengaruh aspek psikologis terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Tiger (studi pada klub motor Neo Gat's Malang) / Machfud - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh aspek psikologis terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Tiger (studi pada klub motor Neo Gat's Malang) / Machfud

Machfud (2008) Pengaruh aspek psikologis terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Tiger (studi pada klub motor Neo Gat's Malang) / Machfud. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ketatnya persaingan di era pasar bebas sekarang ini merupakan hal yang lazim dalam dunia bisnis. Persaingan tersebut merupakan sesuatu yang tidak bisa dielakkan. Banyak pengamat manajemen yang meramalkan bahwa persaingan akan semakin ketat dimasa yang akan datang. Perusahaan harus mempunyai strategi yang unggul di dalam merebut pangsa pasar dan dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli produk mereka. Untuk menciptakan dan mengidentifikasi produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga konsumen dapat memutuskan pembeliannya pada suatu produk salah satu faktor yang menentukan adalah faktor psikologis dari masing-masing konsumen itu sendiri. Faktor psikologis yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian seseorang dipengaruhi oleh tiga faktor psikologis utama yaitu persepsi pembelajaran serta sikap dan keyakinan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh secara langsung aspek psikologis yang meliputi persepsi pembelajaran serta sikap dan keyakinan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Tiger. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif korelasional data yang diperoleh menggunakan angket tertutup. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota klub motor Neo GAT S (Gabungan Tiger Sporty) Malang dengan menggunakan penghitungan populasi didapatkan sampelnya adalah 60 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Pengambilan data primer dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian yang berupa angket atau kuesioner yang sebelumnya telah diuji melalui uji validitas dan uji reliabilitas yang diujikan kepada 10 responden di luar sampel yang akan diteliti. Instrumen penelitian tersebut menggunakan Skala Likert dengan 4 skala pengukuran untuk diferensiasi penelitian yang meliputi sangat setuju (4) setuju (3) tidak setuju (2) sangat tidak setuju (1). Hasil dari penelitian ini adalah (1) nilai 946 1 0 339 SE sebesar 18 23% nilai t hitung 3 583 t tabel 2 000 dengan tarif signifikansi 0 05 maka diperoleh kesimpulan bahwa persepsi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli sepeda motor Honda Tiger. (2) Nilai 946 2 0 284 SE sebesar 1 68% nilai t hitung 3 360 t tabel 2 000 dengan tarif signifikansi 0 05 maka diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli sepeda motor Honda Tiger. (3) Nilai 946 3 0 333 SE sebesar 17 72 nilai t hitung 3 470 t tabel 2 000 dengan taraf signifikansi 0 05 maka diperoleh kesimpulan bahwa sikap dan keyakinan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli sepeda motor Honda Tiger nilai F 23 132 signifikasi F 0 000 dan R Square sebesar 0 529. Dimensi aspek psikologis yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Tiger adalah persepsi. Saran penulis adalah (1) agar PT. Honda Astra Motor mempertahankan persepsi yang ada di mata masyarakat terutama untuk sepeda motor Honda Tiger karena sepeda motor Honda Tiger sudah mendapatkan persepsi yang baik di mata masyarakat (2) agar PT. Honda Astra Motor selalu memberikan semua yang terbaik yang diinginkan konsumen terutama untuk produk sepeda motor Honda Tiger karena ini akan menjadi suatu pembelajaran bagi konsumen dengan cara lebih memperkenalkan keunggulan dari sepeda motor Honda Tiger daripada sepeda motor lain yang sekelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Mar 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30235

Actions (login required)

View Item View Item