Pengaruh tayangan iklan televisi terhadap citra merek dan dampaknya kepada keputusan pembelian soft drink Fanta (studi kasus pada SMA Negeri 1 Talun Blitar) / Saiful Anwar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tayangan iklan televisi terhadap citra merek dan dampaknya kepada keputusan pembelian soft drink Fanta (studi kasus pada SMA Negeri 1 Talun Blitar) / Saiful Anwar

Saiful Anwar (2008) Pengaruh tayangan iklan televisi terhadap citra merek dan dampaknya kepada keputusan pembelian soft drink Fanta (studi kasus pada SMA Negeri 1 Talun Blitar) / Saiful Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiap perusahaan yang bergerak dalam dunia bisnis pasti menginginkan kesuksesan dalam usahanya. Pada dasarnya tujuan suatu bisnis adalah menciptakan para pelanggan yang terpuaskan melalui penjualan produk yang dihasilkan dengan mempertahankan meningkatkan berinovasi terbaik menjaga kualitas dan kuantitas produk sesuai dengan permintaan konsumen. Walaupun demikian perusahaan tidak cukup hanya dengan memproduksi barang dan atau jasa yang berkualitas sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen tetapi perusahaan juga harus mengkomunikasikan barang dan jasa agar diketahui masyarakat sehingga mereka sadar akan keberadaan produk tersebut. Komunikasi pemasaran merupakan usaha untuk menyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen sasaran mengenai keberadaan produk di pasar. Konsep yang secara umum sering digunakan untuk menyampaikan pesan adalah apa yang disebut sebagai bauran promosi. Disebut bauran promosi karena biasanya sering menggunakan berbagai jenis promosi secara simultan dan terintegrasi dalam suatu rencana promosi produk. Terdapat 5 jenis promosi yang biasa disebut bauran promosi yaitu iklan (advertising) penjualan tatap muka (personal selling) promosi penjualan (sales promotion) hubungan masyarakat dan publisitas (publicity and public relation) serta pemasaran langsung (direct marketing). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi produk soft drink merek Fanta (2) Deskripsi siswa SMA Negeri 1 Talun Blitar (3) Pengaruh tayangan iklan televisi secara langsung baik secara parsial maupun simultan terhadap citra merek soft drink Fanta pada Siswa SMA Negeri 1 Talun Blitar.(4) Dampak tayangan iklan televisi terhadap keputusan pembelian soft drink merek Fanta pada Siswa SMA Negeri 1 Talun Blitar. (5) Pengaruh secara langsung citra merek terhadap keputusan pembelian soft drink Fanta pada Siswa SMA Negeri 1 Talun Blitar.(6) Pengaruh secara langsung tayangan iklan televisi terhadap keputusan pembelian soft drink Fanta pada Siswa SMA Negeri 1 Talun Blitar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif eksplanatory dengan menggunakan teknik analisis jalur dalam penelitian ini terdapat tiga jenis variabel yaitu (1) variabel bebas yang terdiri dari isi pesan (X1) struktur pesan (X2) format pesan (X3) sumber pesan (X4) (2) variabel antara yaitu citra merek (Y) (3) variabel terikat keputusan pembelian konsumen (Z). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Talun Blitar sebanyak 965 siswa sampel yang diambil sebanyak 80 siswa dengan pengambilan menggunakan propotionate random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa angket dan wawancara. Dari hasil penelitian diketahui bahwa (1) Fanta merupakan salah satu merek dari The Coca-Cola Company. Fanta merupakan merek untuk minuman ringan dengan rasa buah-buahan yang sangat menonjol. Di Indonesia produk Fanta mulai dipasarkan pada tahun 1973. Konsumen fanta di berbagai belahan dunia terutama remaja mengasosiasikan fanta dengan keceriaan bersama teman dan keluarga (2) Mayoritas siswa SMA Negeri 1 Talun Blitar merespon siswa setuju terhadap isi pesan format pesan srtruktur pesan sumber pesan iklan Soft drink Fanta sesuai dengan citra merek soft drink Fanta yang ceria dan memiliki minat yang tinggi untuk memutuskan membeli soft drink merek Fanta (3)Terdapat pengaruh secara langsung yang positif dan signifikan antara tayangan iklan televisi terhadap citra merek soft drink Fanta pada siswa SMA Negeri 1 Talun Blitar dengan nilai R Square(0 607) dan signifikansi F (0 000) Terdapat pengaruh secara langsung yang positif dan signifikan antara isi pesan terhadap citra merek soft drink Fanta pada siswa SMA Negeri 1 Talun Blitar dengan thitung (2 669) dan signifikansi t (0 009)Terdapat pengaruh secara langsung yang positif dan signifikan antara struktur pesan terhadap citra merek soft drink Fanta pada siswa SMA Negeri 1 Talun Blitar dengan thitung (5 742) dan signifikansi t (0 000) Terdapat pengaruh secara langsung yang positif dan signifikan antara format pesan terhadap citra merek soft drink Fanta pada siswa SMA Negeri 1 Talun Blitar dengan thitung (2 808) dan signifikansi t (0 006) Terdapat pengaruh secara langsung yang positif dan signifikan antara sumber pesan terhadap citra merek soft drink Fanta pada siswa SMA Negeri 1 Talun Blitar dengan thitung (3 270) dan signifikansi t (0 002). (4)Terdapat dampak yang positif dan signifikan antara tayangan iklan televisi terhadap keputusan pembelian konsumen soft drink Fanta pada siswa SMA Negeri 1 Talun Blitar dengan nilai pengaruh sebesar 0 214 (5) Terdapat pengaruh secara langsung yang positif dan signifikan antara citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen soft drink Fanta pada siswa SMA Negeri 1 Talun Blitar thitung (4 128) dan signifikansi t (0 000) (6)Terdapat pengaruh secara langsung yang positif dan signifikan antara tayangan iklan televisi terhadap keputusan pembelian konsumen soft drink Fanta pada siswa SMA Negeri 1 Talun Blitar thitung (5 937) dan signifikansi t (0 000).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30231

Actions (login required)

View Item View Item