Pengembangan media pembelajaran berbantuan instagram menggunakan metode self directed learning untuk meningkatkan minat belajar dasar desain grafis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbantuan instagram menggunakan metode self directed learning untuk meningkatkan minat belajar dasar desain grafis

Salmaresty, Viananda (2023) Pengembangan media pembelajaran berbantuan instagram menggunakan metode self directed learning untuk meningkatkan minat belajar dasar desain grafis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan yang dibangun guna mempersiapkan siswa untuk dapat bekerja dan memiliki keahlian pada bidang tertentu. Dalam memenuhi kebutuhan industri digital kreatif, Dasar desain grafis merupakan salah satu mata pelajaran dalam kelompok Dasar-dasar program keahlian desain komunikasi visual yang wajib ditempuh pada saat peserta didik berada pada kelas X SMK. Dasar desain grafis memuat kegiatan teori serta praktik mengenai dasar dasar ketika membuat sebuah desain grafis. Berdasarkan kegiatan observasi yang dilakukan di kelas X Desain Komunikasi Visual SMKN 2 Singosari, peserta didik merasa kurang memiliki minat lebih ketika proses pembelajaran, hal ini dikarenakan kurang adanya peran peserta didik pada saat pembelajaran dilakukan serta media yang digunakan oleh guru saat kegiatan pembelajaran teori masih menggunakan powerpoints yang disampaikan dalam metode ceramah. Seiring kemajuan teknologi menyebabkan media sosial juga ikut meningkat, Selain alat untuk berkomunikasi dan berbagi informasi, media sosial dapat digunakan dalam menunjang kegiatan pada bidang pendidikan, contohnya adalah pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran yang membantu pengajar dalam menyampaikan materi. Oleh karena itu dalam penelitian pengembangan ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran, mengukur kelayakan media, serta hasilnya dalam meningkatkan minat belajar siswa SMK pada pembelajaran Dasar desain grafis menggunkan metode self directed learning dengan bantuan aplikasi Instagram. Dalam pengembangannya, model pengembangan memiliki 5 Langkah proses dalam tahapan pengembangan antara lain: (1) Analisis (Analyze), (2) Perencanaan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Pengimplementasian (Implementation), (5) Evaluasi (Evaluation). Penelitian dan pengembangan ini akan menghasilkan sebuah media pembelajaran berbantuan Instagram dengan memanfaatkan beberapa fitur-fitur yang mampu menarik perhatian siswa mulai dari gambar, video, serta filter kuis yang dapat diakses menggunakan aplikasi Instagram pada smartphone siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran berbantuan Instagram pada mata pelajaran dasar desain grafis yang dikembangkan mencapai penilaian dengan kategori sangat layak dimana pada ahli materi memperoleh presentase 96,05% , ahli media memperoleh presentase 96,59%, pada kelompok kecil mendapatkan presentase 87,88%, serta pada kelompok besar memperoleh presentase sebanyak 91,13% . Hasil tingkat minat belajar juga mengalami peningkatan sebesar 38,89%. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan mampu meningkatkan minat belajar siswa dalam belajar dasar desain grafis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 04 Jul 2023 06:46
Last Modified: 04 Jul 2023 06:46
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3023

Actions (login required)

View Item View Item