Pengaruh baruan pemasaran terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen Sentra Keramik Dinoyo Malang) / Ridho Satya Harpawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh baruan pemasaran terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen Sentra Keramik Dinoyo Malang) / Ridho Satya Harpawan

Ridho Satya Harpawan (2008) Pengaruh baruan pemasaran terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen Sentra Keramik Dinoyo Malang) / Ridho Satya Harpawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sentra Keramik Dinoyo merupakan salah satu UKM yang bergerak di bidang industri keramik yang memiliki ciri khas dan menjadi salah satu ikon Kota Malang. Dengan adanya ketidakstabilan kondisi ekonomi seperti kenaikan harga minyak dunia tentu akan berdampak pada eksistensi UKM tersebut. UKM bisa eksis jika memiliki kemampuan untuk menarik pasar sasaran. Mengingat pasar sasaran tidak lain adalah konsumen maka perlu ada upaya untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen tersebut. Bauran pemasaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian konsumen sentra keramik Dinoyo Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (X) yang terdiri dari produk (X1) harga (X2) tempat (X3) dan promosi (X4) terhadap keputusan pembelian (Y) baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli keramik Dinoyo dengan pesanan mulai dari bulan Januari 2006 sampai dengan bulan Nopember 2007. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100 responden. Adapun teknik penentuan responden pada penelitian ini adalah dengan menggunakan simple random sampling. Penyebaran kuesioner dilaksanakan pada tanggal 23 Nopember sampai 14 Desember 2007. Sedangkan analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji t dan F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen sentra keramik Dinoyo Malang. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi (B1) 0 505 thitung 5 374 dan taraf signifikansi adalah 0 000 nilai B2 0 410 thitung 3 627 dengan taraf signifikasi 0 000 nilai B3 0 452 thitung 3 267 dengan taraf signifikasi 0 002 nilai B4 0 237 thitung 2 535 dengan taraf signifikasi 0 013. Selain itu bauran pemasaran juga berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen sentra keramik Dinoyo Malang. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung 242 288 dan taraf signifikansinya 0 000. Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat diberikan sehubungan dengan hasil penelitian di atas adalah (1) Sentra keramik Dinoyo Malang sebagai salah satu ikon kota Malang hendaknya selalu menjaga kualitas dan ciri khas sebagai identitas yang merupakan daya saing dalam dunia keramik di Indonesia (2) Bauran pemasaran menjadi sangat penting bagi peningkatan keputusan pembelian sehingga sentra keramik Dinoyo dapat bertahan bahkan memenangkan persaingan jadi diharapkan untuk selalu mengevaluasi dan meningkatkan implementasi dari bauran pemasaran (3) Dengan adanya teknologi yang makin lama makin maju seyogyanya para perajin juga mengadaptasi teknik pembuatan keramik dengan tidak mengabaikan ciri khas keramik Dinoyo (4) Untuk Pemerintah Kota Malang hendaknya lebih memperhatikan kondisi sentra keramik Dinoyo terutama dari segi penataan kampung wisata dan area parkir yang aman dan memadai. Caranya adalah membongkar tugu yang ada di pintu masuk Jalan MT Haryono IX sehingga memudahkan kendaraan besar seperti bus untuk masuk. Kemudian mengadakan tempat parkir di depan pabrik Keramik Dinoyo Malang. Kesemuanya itu bertujuan untuk meningkatkan animo masyarakat untuk mengunjungi sentra keramik Dinoyo Malang (5) Untuk penelitian selanjutnya agar lebih memperluas cakupan penelitian dengan meneliti 16 perajin gips dan 32 showroom keramik di sentra keramik Dinoyo Malang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30228

Actions (login required)

View Item View Item