Pengaruh inflasi, tingkat suku bunga, dan kurs rupiah terhadap return saham perusahaan manufaktur di BEJ / Ika Kartika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh inflasi, tingkat suku bunga, dan kurs rupiah terhadap return saham perusahaan manufaktur di BEJ / Ika Kartika

Ika Kartika (2008) Pengaruh inflasi, tingkat suku bunga, dan kurs rupiah terhadap return saham perusahaan manufaktur di BEJ / Ika Kartika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pasar modal adalah pasar berbagai instrumen keuangan jangka panjang dimana pasar modal memiliki dua fungsi yaitu menyediakan dana bagi pihak yang memerlukan dana dan mempunyai kelebihan dana untuk menginvestasikan dana yang mereka miliki. Sehingga pasar modal dapat dijadikan sarana bagi perusahaan untuk memperoleh dana jangka panjang dengan cara menerbitkan saham dan sarana bagi investor dalam menanamkan dananya. Faktor makro ekonomi merupakan faktor eksternal dan pengaruhnya bersifat umum artinya faktor ini akan mempengaruhi semua return saham perusahaan dengan intensitas yang berbeda antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh fluktuasi inflasi tingkat suku bunga dan kurs Rupiah sebagai variabel bebas terhadap tingkat pengembalian (return) saham sebagai variabel terikat Dalam penelitian ini digunakan Inflasi-IHK suku bunga SBI dan kurs Rupiah sebagai variabel yang mempengaruhi tingkat pengembalian (return) saham. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan mengambil sampel 10 perusahaan yang termasuk dalam perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Jakarta pada periode 2004-2006. Dalam pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode quota sampling teknik sampling ini dilakukan tidak mendasarkan diri pada strata atau daerah tetapi mendasarkan diri pada jumlah yang sudah ditentukan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikatnya. Pengujian hipotesis digunakan uji t dan uji F untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas (inflasi tingkat suku bunga dan kurs Rupiah) tidak berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap variabel terikatnya (return saham). Sehingga hasil penelitian ini dapat digunakan untuk menentang atau memperkuat penelitian terdahulu dan dapat dijadikan acuan bagi penelitian selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan penelitian lebih lanjut untuk menggunakan periode pengamatan lebih dari tiga tahun dan juga menambah variabel bebas selain varibel inflasi tingkat suku bunga dan kurs Rupiah. Selain itu diharapkan bagi investor dan pihak manajemen untuk lebih memperhatikan faktor ekonomi maupun non ekonomi yang mempengaruhi harga saham sehingga juga mempengaruhi return saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30226

Actions (login required)

View Item View Item