Anesia, Vemi Bertha Anesia (2023) Penerapan model pjbl pada materi plain cake untuk meningkatkan keterampilan bekerjasama dan berpikir kritis bagi siswa smk / Vemi Bertha Anesia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan bekerjasama dan berpikir kritis termasuk kedalam kategori keterampilan abad 21 yang diperlukan siswa SMK untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Project Based Learning (PJBL) merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan dapat meningkatkan keterampilan siswa. Model PJBL diterapkan pada materi plain cake dengan memberikan project membuat cake kepada siswa yang membentuk kelompok kecil terdiri dari 4-5 orang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) pengaruh penerapan model PJBL pada materi plain cake terhadap keterampilan bekerjasama 2) pengaruh penerapan model PJBL pada materi plain cake terhadap keterampilan berikir kritis. Penelitian menggunakan pre-experimental design dengan bentuk one-shot case study. Metode analisis yakni statistik regresi linier sederhana teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sampel penelitian adalah siswa kelas XII Jurusan Tata Boga SMK Negeri 7 Malang sejumlah 66 siswa. Hasil analisis data menggunakan SPSS 16.0 menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model PJBL pada materi plain cake terhadap keterampilan bekerjasama dengan signifikansi 0 000 dan memiliki kontribusi sebesar 70 4%. Hasil analisis penerapan model PJBL pada materi plain cake memiliki kontribusi 84 6% terhadap keterampilan berpikir kritis dan menunjukkan adanya pengaruh yang dapat dilihat dari hasil analisis ANOVA dengan signifikan 0 000 dan hasil nilai rat-rata pre-test dan post-test siswa kelas XII Tata Boga SMK Negeri 7 Malang. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model PJBL pada materi plain cake terhadap keterampilan bekerjasama dan keterampilan berpikir kritis bagi siswa SMK. Model PJBL diharapkan lebih sering digunakan dalam strategi pembelajaran karena selain melatih siswa lebih mandiri juga dapat meningkatkan keterampilan abad 21 yang perlu dimiliki sebagai bekal menghadapi dunia kerja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/302246 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |