Pengaruh kualitas jasa terhadap loyalitas pasien (studi pada PT Petro Graha Media Rumah Sakit Petrokimia Gresik) / Saktya Ernita Eka Octaviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas jasa terhadap loyalitas pasien (studi pada PT Petro Graha Media Rumah Sakit Petrokimia Gresik) / Saktya Ernita Eka Octaviana

Saktya Ernita Eka Octaviana (2009) Pengaruh kualitas jasa terhadap loyalitas pasien (studi pada PT Petro Graha Media Rumah Sakit Petrokimia Gresik) / Saktya Ernita Eka Octaviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Industri rumah sakit sangat berkembang menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan ekternal pasar yang semakin cepat berubah keinginan konsumen yang berubah didukung teknologi yang cepat berubah pula mengharuskan para produsen sebagai pelaku jasa haruslah menyesuaikan diri dengan perubahan itu sendiri. Masyarakat menuntut pelayanan rumah sakit yang bermutu profesional dan manusiawi. Untuk mencapai tujuan itu rumah sakit harus bersaing satu sama lain dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Rumah sakit yang masuk dalam persaingan ini hendaknya mampu memberikan kualitas jasa atau pelayanan yang baik dengan harapan akan dapat meningkatkan kepuasan pasien dan menjadikannya loyal yang menentukan kelangsungan dan keberhasilan rumah sakit untuk tetap eksis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa terhadap loyalitas pasien di Rumah Sakit Petrokimia Gresik (RSPG) baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian descriptive explanatory research yaitu penelitian yang menjelaskan keadaan di lapangan dari objek yang diteliti serta menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa pada data yang sama. Sedangkan pada tingkat eksplanasi atau penjelasan penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan suatu pengaruh antara dua variabel atau lebih. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu variabel bebas (independent variable) kualitas jasa yang dinotasikan dengan (X) yang terdiri dari lima sub variabel yaitu bukti nyata (tangible) (X1) empati (empathy) (X2) keandalan (realibility) (X3) daya tanggap (responsiveness) (X4) dan jaminan (assurance) (X5). Sedangkan variabel terikat (dependent variable) adalah loyalitas pasien dan kemudian dinotasikan dengan (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien yang berobat di RSPG terhitung sampai dengan bulan Oktober 2007 ini sebanyak 50.466. Sampel yang diambil sebanyak 140 responden menggunakan teknik Simple Random Sampling. Dianalisis dengan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F menunjukkan tingkat signifikan si sebesar yang berarti koefisien regresi signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kondisi kualitas jasa (X) dan kondsi loyalitas pasien (Y) di RSPG secara umum dipersepsikan baik oleh pasien (2) bahwa secara simultan (bersama-sama) ke-5 kualitas jasa (X) yang terdiri atas bukti langsung (X1) empati (X2) keandalan (X3) daya tanggap (X4) dan jaminan (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien (Y). Demikian pula secara parsial variabel bukti langsung (X1) empati (X2) keandalan (X3) daya tanggap (X4) dan jaminan (X5) juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien. Dari hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan untuk perusahaan adalah agar perusahaan dapat meningkatkan loyalitas pasien maka pihak manajemen perlu memperhatikan kualitas jasa terutama dengan lebih mengintensifkan pada faktor empati dan bukti nyata. Selain itu hal ini dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam rangka menentukan kebijakan yang akan diambil pada waktu mendatang agar dapat meningkatkan kepuasan pasien yang lebih baik dan pada akhirnya mampu menciptakan loyalitas pasien. Penelitian lanjutan perlu dilakukan dengan memperluas variabel yang diteliti maupun pengembangan indikator serta item lain yang diduga juga berpengaruh terhadap loyalitas pasien. Penelitian ini masih bersifat lokal artinya hasil penelitian dan kesimpulan ini hanya berlaku untuk populasi RSPG belum dapat berlaku untuk umum. sehingga ruang lingkupnya perlu diperluas lagi. Oleh karena itu agar keputusan itu mempunyai kekuatan uji yang lebih besar maka disarankan agar melakukan penelitian lanjutan dengan beberapa wilayah pengamatan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30222

Actions (login required)

View Item View Item