Perbedaan penerapan model pembelajaran inquiry dan discovery berbasis blended learning untuk meningkatkan critical thinking skills dalam pembelajaran abad 21 siswa kelas X teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 6 Malang / Rahmadian Mahiy Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penerapan model pembelajaran inquiry dan discovery berbasis blended learning untuk meningkatkan critical thinking skills dalam pembelajaran abad 21 siswa kelas X teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 6 Malang / Rahmadian Mahiy Firdaus

Firdaus, Rahmadian Mahiy (2023) Perbedaan penerapan model pembelajaran inquiry dan discovery berbasis blended learning untuk meningkatkan critical thinking skills dalam pembelajaran abad 21 siswa kelas X teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 6 Malang / Rahmadian Mahiy Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Critical Thinking Skills merupakan salah satu dari empat kemampuan 4C yang harus dikuasai siswa untuk menghadapi pembelajaran abad 21. Alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan critical thinking skills siswa adalah model pembelajaran inquiry dan discovery. Metode Blended Learning digunakan dalam pembelajaran agar siswa dapat belajar kapanpun dan dimanapun. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat critical thinking skills (Y) siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiry berbasis blended learning (X1) dan discovery berbasis blended learning (X2). Populasi penelitian adalah siswa kelas X TITL di SMK Negeri 6 Malang dengan sampel 2 kelas dari tiap kelas X TITL 1 berjumlah 33 dan kelas X TITL 2 berjumlah 35. Tenik pengumpulan data menggunakan instrument soal critical thinking skills. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan teknik Independent Sample T Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat critical thinking skills siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran discovery berbasis blended learning lebih tinggi dari siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran inquiry berbasis blended learning. Hasil Uji-T menunjukkan bahwa signifikansi 0 021 ( ) yang berarti terdapat perbedaan critical thinking skills dalam model pembelajran inquiry berbasis blended learning dan discovery berbasis blended learning. Maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:29
Last Modified: 18 Dec 2023 03:31
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/302124

Actions (login required)

View Item View Item