Ahmad, Fathul Luthfillah (2023) Media Pembelajaran Berbasis Web dengan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim Kelas X SMK. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran serta memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa yang berdampak pada meningkatnya minat siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hasil observasi menunjukkan siswa mengalami kendala dalam belajar seperti sulitnya memahami materi struktur kontrol percabangan dan perulangan. Pembelajaran menggunakan metode ceramah dan media powerpoint menyebabkan kencenderungan pembelajaran yang kurang menarik dan menurunkan semangat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas tersebut. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan mengetahui tingkat minat belajar siswa dalam menggunakan media pembelajaran berbasis web dengan pendekatan Problem Based Learning pada mata pelajaran Dasar-dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim untuk meningkatkan minat belajar siswa SMK Brantas Karangkates. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan menggunakan model pengembangan plomp dalam mengembangkan media pembelajaran yang terdiri dari fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi/konstruksi, fase tes, evaluasi dan revisi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket. Kelayakan media ini diukur menggunakan hasil dari validasi ahli dan hasil uji coba siswa. Sedangkan peningkatan minat belajar diukur dari hasil gain uji coba siswa. Hasil dari Media pembelajaran yang dikembangkan berupa web dengan pendekatan problem based learning. Hasil analisis kelayakan media pembelajaran diperoleh hasil validasi ahli media sebesar 93,3%, validasi ahli materi sebesar 91,9%, dan uji coba lapangan sebesar %. Hasil analisis uji coba minat belajar siswa sebelum sebesar 71,3% dan sesudah sebesar 85,6%. Sedangkan hasil analisis peningkatan minat belajar diperoleh hasil sebesar 0,50. Hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis web yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran dinyatakan dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan kualifikasi “sedang”. Sehingga media pembelajaran berbasis web dapat digunakan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 06:28 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 06:28 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3021 |
Actions (login required)
View Item |