Perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar teknik elektronika di smk negeri 1 palangka raya melalui penerapan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning / Giovanni Picolo Anelka - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar teknik elektronika di smk negeri 1 palangka raya melalui penerapan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning / Giovanni Picolo Anelka

Anelka, Giovanni Picolo Anelka (2023) Perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar teknik elektronika di smk negeri 1 palangka raya melalui penerapan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning / Giovanni Picolo Anelka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran adalah sebuah upaya sistematis yang digunakan pengajar dalam sebuah proses belajar mengajar dan juga peserta didik dalam memahami pelajaran. Problem Based Learning dan Discovery Learning adalah model pembelajaran yang menuntut siswa lebih aktif dan mandiri sehingga proses pembelajaran tidak berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik dan (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi-eksperimental dengan menggunakan dua kelas. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri SMKN 1 Palangka Raya pada tahun pelajaran 2022/2023. Metode untuk mendapatkan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar yang diukur dengan pretest dan posttest. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang menunjukan ada perbedaan hasil belajar bahwa model Problem Based Learning memiliki hasil posttest dengan rata-rata 82.7500 sementara pada model pembelajaran Discovery Learning dengan rata-rata hasil posttest 83.7500.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/302080

Actions (login required)

View Item View Item